sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

PKS bidik capres yang bisa mengangkat perolehan suara pileg

PKS tidak akan mengusung calon dari kadernya sendiri.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Rabu, 22 Jun 2022 12:43 WIB
PKS bidik capres yang bisa mengangkat perolehan suara pileg

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dipastikan tidak mengusung kadernya sendiri untuk maju di Pilpres 2024. PKS membuka pintu komunikasi dengan semua partai politik (parpol) lain dengan tetap menawarkan kriteria-kriteria calon presiden can calon wakil presiden (capres-cawapres).

Menurut PKS, kandidat capres-cawapres PKS adalah kombinasi pasangan pemimpin yang tidak hanya mampu memenangkan kontestasi, tetapi juga memiliki kapasitas untuk memimpin dan menyatukan bangsa.

Politikus PKS Mardani Ali Sera mengatakan, partainya memang mencari kandidat yang mampu memberi efek kemenangan bagi partai (efek ekor jas atau coattail effect). Alasannya, pada Pemilu 2024 mendatang, terdapat tiga kali pemilihan, yakni pemilihan kepala daerah (pilkada), pemilihan anggota legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres). Menurut dia, dari tiga pemilu, pilpres menjadi penentu utama.

"Ada tiga pemilu di 2024. Tapi Pilpres penentunya. Kalau benar strategi dan pilihan capres-cawapres maka bisa mendorong target di pileg dan pilkada. Di pileg, teori coattail effect bisa membuat para caleg mudah mensosialisasikan diri pada masyarakat," kata Mardani dalam keterangannya, Rabu (22/6).

Mardani menjelelaskan, pada 2019, para calon legislatif (caleg) banyak masuk melalui jalur capres. Berangkat dari itu, kata dia, besar kemungkinan calon pilkada dukungan presiden terpiliih 2024 akan menang.

Diketahui, presiden terpilih 2024 akan dilantik pada 20 Oktober 2024 dan pilkada dilaksanakan pada 27 November 2024.

"Jika ingat kampanye untuk Pilkada 2024, besar kemungkinan calon pilkada dukungan presiden terpiliih 2024 akan menang. Jadi buy one get three, beli satu dapat tiga. Benar dan tepat strategi dan pilihan capres dan cawapres akan menang di pilpres, pileg dan pilkada," ucap Mardani.

Sekedar informasi, saat ini PKS tengah menggelar rapat pimpinan nasional (rapimnas). Pada rapimnas kali ini, PKS menyaring nama-nama bakal calon presiden yang akan didukung pada 2024. Sebanyak 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS akan mengusulkan nama-nama potensial yang sesuai dengan kriteria kepada Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS.

Sponsored
Berita Lainnya
×
tekid