sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Warga ramai-ramai kabur ke hutan takut divaksin, MPR minta pemda turun tangan

Warga sembunyi ke hutan karena termakan hoaks Vaksin Covid-19.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Jumat, 19 Feb 2021 10:18 WIB
Warga ramai-ramai kabur ke hutan takut divaksin, MPR minta pemda turun tangan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.322.866
Dirawat 158.408
Meninggal 35.786
Sembuh 1.128.672

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Bambang Soesatyo meminta pemerintah daerah untuk merayu warga satu Dusun II Batu Putih, Desa Alila Timur, Kecamatan Kabola, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur yang bersembunyi ke hutan karena takut divaksinasi agar kembali ke rumah masing-masing.

"Meminta kepada pemerintah daerah untuk mengimbau warganya kembali kerumah masing-masing, dan tidak perlu takut untuk divaksin," kata pria yang akrab disapa Bamsoet, dalam keterangannya diterima Jumat (19/2).

Selain itu, Bamsoet juga meminta pada pemerintah tingkat kabupaten hingga desa untuk dapat memberikan sosialisasi pemahaman terkait efikasi dan manfaat vaksin Covid-19 pada masyarakat.

Politikus Golkar itu juga menyarankan pada Kementerian Kesehatan untuk mengedepankan pendekatan persuasif dalam mengajak warga ikut program vaksinasi Covid-19.

"Meminta pemerintah pusat melakukan pendekatan persuasif yang baik kepada masyarakat agar mau dan bersedia diberikan vaksin, serta menjelaskan secara detail dan jelas terkait poin-poin penting dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), sehingga tidak perlu mengedepankan sanksi bagi yang menolak divaksinasi," katanya.

Di samping itu, Bamsoet juga memohon pada wartawan untuk mempublikasikan pemberitaan yang valid dan edukatif mengenai vaksin Covid-19. Baginya, hal itu sebagai upaya membantu program pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

"Mengimbau masyarakat agar bersedia dengan kesadaran sendiri untuk divaksin agar tercipta kekebalan komunal atau herd immunity, dan mengingatkan bahwa program pemerintah ini ditujukan demi kebaikan dan keselamatan seluruh masyarakat," kata Bamsoet.

Diketahui, warga satu Dusun II Batu Putih, Desa Alila Timur, Kecamatan Kabola, Alor dikabarkan memilih bersembunyi ke hutan lantaran takut divaksinasi Covid-19. Hal ini diketahui atas laporan dari Babinkamtibmas Aipda Dominggus Bole Dede yang datang ke desa tersebut.

Sponsored

Berdasarkan pernyataan Kapolres Alor, AKBP Agustinus Christmas, tindakan bersembunyi di hutan didasari karena warga panik dan takut setelah membaca informasi hoaks tentang vaksin Covid-19.

Berita Lainnya