close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto. Dokumentasi Kemenko Perekonomian
icon caption
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto. Dokumentasi Kemenko Perekonomian
Bisnis
Selasa, 31 Agustus 2021 17:33

Airlangga: Visi Indonesia 2045 perwujudan pembukaan UUD

Visi Indonesia 2045 diprakarsai Presiden Jokowi. Indonesia diproyeksikan jadi negara maju dan kekuatan ekonomi 5 besar dunia.
swipe

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto, menyatakan, visi Indonesia 2045 mencita-citakan membaiknya kehidupan masyarakat. Itu diklaim sesuai amanat pembukaan UUD NRI 1945.

"Visi Indonesia 2045 merupakan perwujudan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 untuk menjadi bangsa yang berdaulat, maju dan daulat,” ujarnya dalam webinar "Tantangan Pandemi dan Dunia yang Berubah" yang disiarkan kanal YouTube DCSC Perspective, Selasa (31/8).

Secara sederhana, sambung dia, membaiknya kehidupan masyarakat yang tertuang dalam visi Indonesia 2045 dapat digambarkan dengan meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan kualitas SDM tinggi. "Ekonomi yang meningkat ditandai dengan pendapatan yang tinggi,” sambungnya.

Visi Indonesia 2045 diprakarsai Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satu isinya, memproyeksikan Tanah Air menjadi negara maju dan kekuatan ekonomi lima besar dunia.

Airlangga sesumbar, target tersebut bukan imajinasi atau angan-angan saja. "Tapi visi ini dilatarbelakangi oleh proyeksi dari data dan pencapaian bangsa Indonesia selama lebih dari 70 tahun kemerdekaannya."

Ketua Umum DPP Partai Golkar itu lalu mencontohkannya dengan perkiraan beberapa lembaga internasional guna mendukung visi Indonesia tersebut. OEDC, misalnya, memprediksi perekonomian Indonesia akan mencapai US$8,8 triliun dan menjadi ekonomi terbesar ke-4 di dunia pada 24 tahun mendatang.

img
Tiara Kandida Enggarsari
Reporter
img
Fatah Hidayat Sidiq
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan