sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BKPM kembali buka layanan konsultasi tatap muka

Sempat dihentikan per 16 Maret karena pandemi Covid-19.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Sabtu, 27 Jun 2020 12:57 WIB
BKPM kembali buka layanan konsultasi tatap muka
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 66226
Dirawat 31798
Meninggal 3309
Sembuh 30785

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) kembali membuka layanan konsultasi tatap muka di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pusat BKPM sejak Selasa (23/6). Sempat dihentikan per 16 Maret 2020 karena pandemi coronavirus baru (Covid-19).

Juru Bicara BKPM, Tina Talisa, mengatakan, konsultasi tatap muka ini telah menerapkan protokol kesehatan di era kenormalan baru (new normal). Untuk menghindari berkumpulnya orang dalam jumlah banyak, layanan dibatasi maksimal 100 nomor antrean per hari dan dibagi dalam empat jadwal antrean.

Satu nomor antrean hanya untuk seorang investor yang berkonsultasi. "Tentunya berbeda dengan kondisi sebelumnya, ada penyesuaian-penyesuaian di era kenormalan baru," katanya melalui keterangan tertulis, Jumat (26/6) malam. 

"Kami pastikan layanannya mematuhi protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19," sambung dia. Layanan sementara dilakukan di Auditorium BKPM karena ruangan PTSP sedang direnovasi.

Tina juga mengatakan, BKPM menyiapkan beberapa sarana pendukung, seperti tempat cuci tangan, pembersih tangan (hand sanitizer), dan ruang tunggu dengan pengaturan jarak kursi. Pengecekan suhu tubuh pun dilakukan guna memastikan investor yang dilayani tak demam dengan suhu maksimal 37,5°C. 

Sementara itu, petugas PTSP dilengkapi pelindung wajah (face shield), masker, dan sekat pembatas di masing-masing meja konsultasi untuk meminimalisasi kontak langsung dengan investor.

"Investor yang datang wajib menggunakan masker. Durasi konsultasi juga dibatasi maksimal 20 menit per investor. BKPM berkomitmen dalam memfasilitasi kebutuhan investor," tuturnya.

Berdasarkan catatan BKPM, setelah empat hari layanan dibuka kembali, 23-26 Juni, jumlah kuota pendaftaran selalu penuh hingga 100 orang, kecuali hari pertama sebanyak 77 pendaftar. Namun, tidak semuanya datang langsung.

Sponsored
Serba bisa BIN di panggung corona 

Serba bisa BIN di panggung corona 

Selasa, 07 Jul 2020 06:01 WIB
Berharap vaksin dengan anggaran mini

Berharap vaksin dengan anggaran mini

Senin, 06 Jul 2020 19:00 WIB
Berita Lainnya