sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Garuda siapkan pesawat badan besar untuk Natal dan Tahun Baru

Garuda Indonesia akan memakai pesawat berbadan lebar (wide body) Boeing 737-300 dan Airbus 330 untuk layani liburan.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Selasa, 26 Nov 2019 12:22 WIB
Garuda siapkan pesawat badan besar untuk Natal dan Tahun Baru
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 125396
Dirawat 38721
Meninggal 5723
Sembuh 80952

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIAA) mengantisipasi lonjakan penumpang pada hari raya Natal dan Tahun Baru dengan menyiapkan pesawat berbadan lebar (wide body). Armada ini biasanya digunakan Garuda Indonesia untuk penerbangan internasional. 

Direktur Niaga Garuda Indonesia Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan dua pesawat jumbo yang disiagakan yakn Boeing 777-300 dan Airbus 330. Pesawat ini akan menggantikan Boeing 737 selama periode liburan akhir tahun.

Pikri menjelaskan Garuda menyiapkan masing-masing pesawat B737-300 3 class sebanyak 2 unit, B737-300 2 class sejumlah 8 unit, dan A330-900 sebanyak 1 unit. Total kapasitasnya di atas 300 kursi. 

“Pesawat-pesawat berbadan lebar tersebut, rencananya akan melayani rute penerbangan dari Cengkareng ke Surabaya, Medan, Manado, Denpasar, dan Yogyakarta,” kata Pikri di Kementerian BUMN di Jakarta, Selasa (26/11). 

Menurut Pikri, penggantian pesawat tersebut lebih efektif dibandingkan dengan penambahan jumlah penerbangan. 

"Jadi strategi kami menggunakan pesawat yang lebih besar, berbadan lebar. Keuntungan pertama, bandara tidak padat dari segi take off landing," tutur Pikri.

Pikri menjelaskan, bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng dalam sehari bisa melakukan take off landing hingga 80 penerbangan dalam sehari. Apabila jumlah penerbangan ditambah menjadi lima penerbangan, pengaturannya akan menjadi lebih berat dan bisa mengakibatkan penundaan (delay) penerbangan. 

Namun, untuk bandara-bandara yang tak bisa menampung pesawat berbadan lebar, Garuda akan mengusahakan penerbangan tambahan karena ada kemungkinan juga bandara-bandara tujuan pesawat tambahan tersebut tidak padat.

Sponsored

Adapun pada periode Natal dan Tahun Baru ini Garuda akan mengoperasikan 139 pesawat dengan 11 tipe yang berbeda. 

Berita Lainnya