sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Wapres harap Global Tourism Forum dapat pulihkan industri pariwisata

Dalam pelaksanaan pemulihan pariwisata pada 2021 ini, pemerintah tetap memperhatikan aspek kesehatan dan keselamatan.

Tiara Kandida Enggarsari
Tiara Kandida Enggarsari Rabu, 15 Sep 2021 12:46 WIB
Wapres harap Global Tourism Forum dapat pulihkan industri pariwisata

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Ma’ruf Amin, mengapresiasi pemilihan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan Annual Meeting Global Tourism Forum (GTF) 2021. 

Pelaksanaan dari kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi terobosan untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata di Indonesia dan di seluruh dunia. 

“Saya berharap kegiatan ini dapat menghasilkan rekomendasi strategis dalam upaya mendukung pemulihan industri pariwisata dunia juga khususnya pariwisata Indonesia untuk kembali bangkit dan menggerakkan perekonomian masyarakat,” ujar Wapres secara virtual melalui kanal YouTube Wakil Presiden Republik Indonesia, pada Rabu (15/9). 

Dalam pelaksanaan pemulihan pariwisata pada 2021 ini, pemerintah tetap memperhatikan aspek kesehatan dan keselamatan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan serta vaksinasi Covid-19 bagi seluruh masyarakat. 

“Program pariwisata dilaksanakan dengan sasaran dan skala prioritas yang tepat untuk mencapai herd immunity pada akhir 2021, sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19. Hal ini akan menjadi “game changer” bagi sektor pariwisata,” ucap Wapres. 

Semenjak adanya pandemi Covid-19 di Indonesia, sektor pariwisata di Indonesia mengalami perubahan khususnya wisata alam terbuka yang tidak terlalu ramai pengunjung. Namun, untuk mengatasi hal ini, pemerintah berkonsentrasi terhadap faktor kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian (4K) yang juga dilakukan oleh sektor pariwisata di dunia. 

“Dalam penyelenggaraan kegiatan kepariwisataan di masa pandemi ini pemerintah Indonesia telah menetapkan protokol kesehatan berbasis cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan), environment sustainability (kelestarian lingkungan) atau CHSE,” kata Wapres. 

Maka dari itu dalam mewujudkan hal tersebut diperlukan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan serta para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk tetap disiplin dan mematuhi protokol kesehatan secara ketat. 

Sponsored
Berita Lainnya