sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Harga biodiesel setara solar Rp5.150 per liter

Pemerintah mematok harga jual bahan bakar biodiesel setara dengan BBM berjenis solar Rp5.150 per liter.

Cantika Adinda Putri Noveria
Cantika Adinda Putri Noveria Jumat, 31 Agst 2018 21:54 WIB
Harga biodiesel setara solar Rp5.150 per liter

Pemerintah mematok harga jual bahan bakar biodiesel setara dengan BBM berjenis solar Rp5.150 per liter.

Menteri Koordinator Bidang Perekenomian Darmin Nasution menegaskan pelaksanaan mandat biodiesel 20% (B20) tidak akan mengubah harga di tataran konsumen. Biodiesel akan dijual setara dengan harga solar saat ini. 

Menurut Menko, jika ada perubahan harga, akan ditanggung oleh pemerintah maupun Badan Pengelola Dana (BPDP) Kelapa Sawit. Artinya, harga B20 tersebut tidak akan berbeda dengan harga solar saat ini, yaitu Rp5.150 per liter. 

"Begitu harga solar naik melebihi batasnya, maka subsidi pemerintah akan ditambah. Sementara jika harga minyak kelapa sawit mentah yang naik, insentif tambahan ditanggung BPDP Sawit, sehingga tidak ada perubahan harga di masyarakat," kata Darmin di kantornya, Jumat (31/8). 

Dia menjelaskan, kebijakan B20 ini guna mendorong ekspor dan memperlambat laju impor, dalam rangka menyehatkan neraca pembayaran. Sehingga, dalam waktu dekat dapat menghilangkan defisit neraca perdagangan dan lanjut kepada pengurangan defisit transaksi berjalan. 

Darmin menuturkan, kebijakan B20 ini akan menyasar kepada sektor yang masih belum optimal terutama di sektor transportasi non public service obligation (PSO), industri pertambangan, dan kelistrikan. Dengan demikian, diharapkan tidak akan ada lagi perederan solar, tanpa pencampuran biodiesel (B0). 

"Kebijakan B20 ini sudah dilaksanakan selama 2,5 tahun di sektor PSO, artinya ketika perluasan dilakukan, pemerintah dan pelaksananya sudah memiliki pengalaman dalam penerapannya," ujar Darmin. 

Dia merinci, sanksi tegas akan diberikan bagi pelaksana mandat tersebut, mulai dari penghasil minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO), pencampuran hingga pelaksanaannya. 

Sponsored

Pengawasan lebih lanjut pun dilakukan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sebagai kementerian dan lembaga penanggung jawab. 

Dengan demikian, per 1 September, Indonesa akan mengurangi ketergantungan terhadap impor minyak dan menghemat devisa sebesar US$2 miliar hingga US$3 miliar sampai akhir tahun ini. 

Pertamina

Sementara itu, Pertamina selaku penyalur B20 ini akan lakukan monitoring secara digitalisasi di tiap-tiap stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di beberapa kawasan di Indonesia. 

Direktur Utama Pertamina Nicke Widiawati sudah menyiapkan 112 terminal bahan bakar minyak (TBBM) dan sudah berjalan di 60 TBBM dan 52 berikutanya akan disalurkan segera. 

"Begitu mendapat suplai fame, ya langsung kita campur (di 52 TBBM yang belum tersedia B20)," kata dia.

Dilihat dari volume dan lokasi, kata dia, bisa membuat implementasi berjalan lancar. Karena Pertamina sendiri melakukan pengawasan melalui digilitalisasi SPBU terkait PSO atau yang biasa disubsidi, yang biasanya dilakukan pengawasan secara manual. 

"Sehingga kita bisa monitoring melalui gadget stok B20 dan stok BBM lain," jelas Nicke. 

Pada kesempatan yang sama, BPDB Kelapa Sawit Dono Boestami memastikan akan memberikan dana insentif untuk program biodiesel ini, dengan menanggung pajak dan ongkos angkutnya.

Meskipun nantinya harga CPO melonjak tinggi dipasaran, BPDB berkomitmen utuk berikan insentif. "Jadi secara keseluruhan, kami bisa mendukung volume lebih besar. Jika misalnya 4,5 sampai 6 juta kilo liter, tambahannya stok masih lebih dari cukup insentifnya," jelas Dono. 

Dari segi pasokan, Ketua Harian Aprobi Paulus Tjakrawan selaku produsen biodisel siap untuk menerapkan perluasan B20. Pada Sabtu (1/9), bersama dengan Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi akan melakukan pengawasan ketat.

Pada kesempatan ini, Darmin didampingi oleh Menteri BUMN Rini M Soemarno, perwakilan Menteri ESDM dan Menteri-Menteri Kabinet Kerja lainnya melakukan pengisian BBM B20 ke kendaraan truk dan bis sebagai simbol akan dijalankannya optimalisasi dan perluasan mandatori B20 ke semua sektor.