sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

IHSG dibuka menguat 0,61% ke level 6.066

Penguatan IHSG akan didukung oleh pergerakan bursa global dan masuknya investor asing ke pasar modal.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Kamis, 22 Jul 2021 09:01 WIB
IHSG dibuka menguat 0,61% ke level 6.066

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 0,61% ke level 6.066 pada perdagangan Kamis (22/7).

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper mengatakan, bursa Wall Street menguat dua hari berturut-turut, dipicu optimisme pemulihan ekonomi Amerika Serikat (AS) yang memicu minat pada aset berisiko. 

Saham-saham dengan kapitalisasi pasar kecil yang sensitif secara ekonomi, semikonduktor, dan keuangan, mengungguli pasar yang lebih luas. Musim rilis kinerja kuartal kedua emiten turut menopang pasar saham. 

Sebanyak 73 perusahaan di S&P 500 telah membukukan kinerja. Dari jumlah tersebut, 88% telah mengalahkan ekspektasi konsensus. 

Imbal hasil US Treasury acuan berbalik dari posisi terendah lima bulan, setelah lelang obligasi 20 tahun tipis. Kenaikan yield surat utang negara AS ini menguntungkan bank yang sensitif terhadap suku bunga.

Dennies memperkirakan, IHSG akan menguat terbatas dan masih akan dibayangi kasus Covid-19 dalam negeri yang tercatat turun, tetapi, angka kematian semakin tinggi sehingga masih cukup mengkhawatirkan. 

Sementara itu, riset harian Samuel Sekuritas Indonesia memperkirakan IHSG bergerak menguat hari ini, didukung oleh pergerakan bursa global dan masuknya investor asing ke pasar modal.

"Kami meyakini investor sudah memperhitungkan dampak PPKM dan saat ini tengah mencari sektor yang prospektif di pasar," tulis Samuel Sekuritas.

Sponsored
Berita Lainnya