sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pelaku industri akan sumbang alat kesehatan hingga APD

Pelaku industri tekstil, farmasi, dan inaplas menyatakan dukungan untuk menanggulangi Covid-19.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Jumat, 03 Apr 2020 11:15 WIB
Pelaku industri akan sumbang alat kesehatan hingga APD
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 939.948
Dirawat 149.388
Meninggal 26.857
Sembuh 763.703

Dalam rapat jarak jauh dengan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, sejumlah pelaku industri menyatakan akan memberikan dukungan untuk bersama-sama menghadapi Covid-19.

Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jemmy Kartiwa Sastraatmaja mengatakan beberapa anggota API di Bandung mengembangkan pembuatan alat pelindung diri (APD).

Sementara, Presiden Direktur PT Sri Rejeki Isman Tbk. (Sritex) Iwan Setiawan Lukminto mengatakan pihaknya juga sedang mengoptimalkan produksi APD, untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yang semakin meningkat.

“Untuk bahan baku tidak masalah, karena kami bikin sendiri. Kami juga akan memproduksi yang medical grade, dan kami sudah distribusikan 35 juta masker bulan ini,” tutur Iwan.

Wakil Direktur Utama Pan Brothers Anne Patricia Sutanto menuturkan pihaknya siap membantu pemerintah dalam upaya menangani pandemi Covid-19.

“Kami menerapkan protokol kesehatan dalam proses produksi di pabrik. Selain itu, overtime dihindari agar stamina bisa terjaga, dan jam kerja dibatasi menjadi delapan jam,” katanya.

Dari industri farmasi, Direktur Utama PT Kimia Farma Tbk. (KAEF) Verdi Budidarmo mengatakan pabrik milik perseroan di Cikarang sudah mengembangkan bahan baku obat untuk penanganan Covid-19.

"Kami sudah transfer teknologi, termasuk juga untuk produksi produk jadi. Kurang lebih saat ini cukup untuk enam bulan. Permintaan tertinggi sekarang adalah chloroquine," ujar Verdi.

Sponsored

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Asosiasi Industri Olefin, Aromatik, dan Plastik (Inaplas) Fajar Budiyono mengatakan industri petrokimia nasional siap memenuhi kebutuhan bahan baku produksi APD dan masker.

“Industri hulu, khususnya petrokimia, dapat memasok bahan baku untuk produksi lebih dari 10 juta unit APD,” tuturnya.

Berita Lainnya
×
img