sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

REI bidik transaksi Rp1 triliun dari IIPEX 2019

REI menggelar International Property Expo (IIPEX) 2019 untuk menggairahkan pasar properti.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Rabu, 25 Sep 2019 19:30 WIB
REI bidik transaksi Rp1 triliun dari IIPEX 2019

Asosiasi Real Estate Indonesia (REI) menargetkan transaksi sebesar Rp1 triliun dalam International Property Expo (IIPEX) 2019. Pameran properti ini secara resmi diadakan di empat kota yaitu Jakarta, Bali, Medan, dan Surabaya atas kerja sama REI dan Rumah.com.

Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata mangatakan target transaksi tertinggi adalah di Jakarta yakni senilai Rp830 miliar.

"Selanjutnya di Surabaya sebagai kota bisnis terbesar target transaksinya minimal Rp70 miliar. Untuk dua kota lainnya yakni Bali dan Medan masing-masing minimal Rp50 miliar,” ujar Soelaeman saat membuka IIPEX 2019 di Jakarta, Rabu (25/9).

Soelaeman mengatakan pihaknya optimistis target tersebut bakal tercapai karena permintaan pasar properti di Indonesia masih bagus, meskipun sempat terjadi pelemahan dalam beberapa waktu belakangan.

Menurut dia, kebutuhan manusia untuk memiliki properti sebagai sarana tempat tinggal maupun investasi belum tergantikan. 

“IIPEX 2019 diyakini mampu membawa efek baik tidak hanya bagi konsumen tapi juga bagi pengembang,” kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Negara (ATR/ BPN) Sofyan Djalil mengatakan, ajang pameran properti ini diharapkan bisa memberikan rasa optimistis pada industri properti tanah air. Apalagi, di tengah perlambatan ekonomi seperti sekarang ini baik di dalam maupun luar negeri yang masih belum pulih.

"Melalui pameran ini, investor dan pebisnis properti harus optimistis ekonomi Indonesia akan lebih baik ke depannya serta mampu mengatasi berbagai kendala baik skala internasional maupun domestik," jelasnya.

Sponsored

Country Manager Rumah.com Marine Novita menuturkan optimism terhadap kebangkitan industri properti ditunjukkan oleh ratusan pengembang yang ikut serta dalam ajang IIPEX 2019. Menurut dia, ini juga merupakan refleksi kebangkitan sektor properti pada kuartal II-2019.

Merujuk laporan Rumah.com Property Index Q2 2019, tren harga properti residensial menunjukkan kenaikan baik secara kuartalan maupun tahunan. Laju kenaikan harga properti masih belum terhenti sejak pemulihan pada pertengahan tahun lalu. 

Index menunjukkan harga properti pada kuartal II-2019 berada pada titik 112,0 atau naik 2,17% secara kuartalan. Kenaikan ini lebih baik jika dibandingkan dengan kenaikan pada kuartal sebelumnya yang hanya 0,8%.
 
Pameran properti IIPEX 2019 di Jakarta Convention Center berlangsung pada 21-29 September. Sementara, di tiga kota lainnya diadakan mulai 25–29 September 2019 di Trans Studio Mall (Bali), Plaza Medan Fair (Medan), dan Jatim Expo (Surabaya). 

Tercatat lebih dari 200 pengembang dengan 1.000 proyek properti berpartisipasi dalam pameran, dengan pilihan harga bervariatif mulai dari rumah subsidi Rp100 jutaan hingga hunian mewah Rp5 miliaran.