logo alinea.id logo alinea.id

Singles Day, perusahaan e commerce keruk keuntungan

Shopee mengklaim menerima 2,5 juta pesanan dalam 24 jam sepanjang 11 November.

Satriani Ariwulan
Satriani Ariwulan Senin, 20 Nov 2017 15:11 WIB
Singles Day, perusahaan e commerce keruk keuntungan

Tepat 11 November, sejumlah e commerce di Tanah Air menggelar diskon besar-besaran. Ajang festival belanja online 11.11 itu dimanfaatkan perusahaan e commerce untuk mengeruk keuntungan. 

Shopee, salah satu platform e-commerce mengaku sanggup menjual 7 juta produk sepanjang program tersebut. Jumlah pemesanan naik 4,5 kali  dibandingkan tahun sebelumnya menjadi 2,5 juta pesanan dalam 24 jam. Dari total tersebut, sekitar 92% pesanan berasal dari aplikasi ponsel.

"Pemesanan melalui ponsel memudahkan pembeli untuk berbelanja di sela-sela kegiatan mereka," ujar Chris Feng, CEO Shopee dalam keterangannya.

Perusahaan juga berhasil mencatatkan lebih dari 13 juta live-chat, atau lebih dari 9.000 chat terkirim setiap
menitnya. Dalam program ini, sekitar 120.000 brand dan penjual di seluruh wilayah regional banting harga. 

Pembeli memburu produk-produk seperti elektronik, perawatan dan kesehatan, serta fashion. Adapun produk termurah yang dibeli adalah sebuah lilin dengan harga Rp 103, sedangkan produk termahal yang laku terjual merupakan sebuah laptop seharga Rp 34, 45 juta.

Situs belanja daring Zalora juga mencatat peningkatan transaksi hingga 6 kali lipat pada ajang belanja tersebut. Peningkatan berlangsung pada 9-12 November 2017. CEO Zalora Indonesia Anthony Fung dalam pernyataannya mengatakan antusias masyarakat terlihat dari meningkatnya jumlah pelanggan baru sekitar 250% dibandingkan hari biasa.

"Kami gembira dapat menjadi bagian dari pengalaman belanja yang memuaskan untuk para penggemar fashion di Indonesia dan kami yakin bahwa perkembangan e-commerce di Indonesia pun akan semakin pesat di tahun mendatang," ujar Anthony. 

Minat pelanggan terhadap label-label internasional yang ditawarkan di Zalora tercatat meningkat. Selama ajang yang juga dikenal dengan nama Singles Day 2017 itu, penjualan untuk brand internasional naik 280% apabila dibandingkan dengan periode yang biasa.

Sponsored

Istilah Singles Day pertama kali muncul di China pada tahun 1990 dan awalnya hanya merupakan sebuah acara sekolah yang diperuntukkan bagi para jomblo untuk mencari pasangan. Namun tahun 2009, istilah ini dipopulerkan sebagai Online Sale oleh Alibaba ke seluruh dunia dan hingga saat ini diperingati setiap tanggal 11 November.