sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Sulit kendalikan ekonomi global, pemerintah fokus ke sektor domestik

Pemerintah akan terus memonitor harga komoditas pangan dalam negeri. I

Yohanes Robert
Yohanes Robert Kamis, 22 Sep 2022 22:09 WIB
Sulit kendalikan ekonomi global, pemerintah fokus  ke sektor domestik

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengakui, kondisi ekonomi global sulit untuk dikendalikan. Oleh sebab itu, pemerintah akan fokus dalam menjaga kondisi sektor domestik.

“Saat ini kita kesulitan mengendalikan dampak dari kondisi global. Namun, kami mengupayakan untuk menjaga harga domestik supply chain agar benar-benar dapat dikendalikan, terutama komoditas pangan,” kata Airlangga dalam acara Inspirato Sharing Session Liputan6.com, Kamis (22/9).

Dalam konteks tersebut, pemerintah akan terus memonitor harga komoditas pangan dalam negeri. Ini dilakukan sebagai langkah utama untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga, terlebih pasca kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), yang menyebabkan komoditi pangan seperti cabai dan bawang merah mengalami kenaikan harga.

Selain itu, demi menghadapi perkembangan inflasi saat ini, Airlangga mengungkapkan bahwa pemerintah akan memperkuat koordinasi dan sinergi program kebijakan untuk stabilisasi harga, melalui Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

Sponsored

“Berbagai langkah atau usaha ekstra dalam pengendalian inflasi terus didukung dengan perluasan kerja sama antar daerah, agar daerah yang mengalami surplus atau defisit saling bekerja sama untuk menjaga ketersediaan suplai komoditas,” ucap Airlangga.

Berita Lainnya
×
tekid