sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bupati Kukar dorong perusahaan rekrut tenaga kerja lokal

Bupati Kukar, Edi Damansyah, meminta perusahaan untuk turut berkontribusi memberdayakan masyarakat.

Nadya Angelica Mutiara Amanda
Nadya Angelica Mutiara Amanda Jumat, 10 Jun 2022 14:25 WIB
Bupati Kukar dorong perusahaan rekrut tenaga kerja lokal

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) mendorong perusahaan di wilayahnya memprioritaskan tenaga kerja lokal untuk direkrut sebagai karyawan. Bupati Kukar, Edi Damansyah, juga meminta perusahaan untuk turut berkontribusi memberdayakan masyarakat.

"Jika terdapat warga masyarakat yang potensial untuk direkrut sebagai karyawan, namun apabila masih belum memiliki kualifikasi kompetensi yang dibutuhkan," ujarnya saat membuka sosialisasi rencana kegiatan penambangan batu bara PT Indo Bara Pratama, Kamis (9/6).

Dikutip dari kukarpaper.com, perusahaan di Kukar diminta memberdayakan masyarakat yang memiliki keahlian (skill) maupun non-skill seperti fasilitas kursus, diklat ataupun workshop untuk meningkatkan keahlian warga.

"Kami mohon perusahaan agar memfasilitasi melalui kursus, diklat atau workshop," kata Edi.

Sponsored

Edi juga menjelaskan pemerintah desa ataupun kelurahan memiliki tugas dan kewajiban mengawasi berjalannya perusahaan. Sehingga, kegiatan yang digelar perusahaan diharapkan berjalan sesuai dengan perizinan yang diberikan.

Sementara itu, Direktur Cabang PT Indo Bara Pratama, Lasmi Ningsih, menjelaskan sosialisasi rencana kegiatan penambangan batu bara ini untuk memublikasikan adanya perusahaan yang akan beroperasi di wilayah Desa Long Bleh Modang, Kecamtan Kembang Janggut.

"Jadi dalam hal ini, kami mohon maaf kepada masyarakat apabila dikemudian hari ada kerancuan situasi dan kondisi dengan adanya kegiatan operasional dan pertambangan batu bara," imbuhnya.

Berita Lainnya
×
tekid