sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Percepat pembangunan daerah, Pemkab Gowa digitalisasi pelayanan publik

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, digitalisasi pelayanan publik merupakan bagian penting untuk mempercepat pembangunan daerah.

Kartiko Bramantyo Dwi Putro
Kartiko Bramantyo Dwi Putro Selasa, 02 Agst 2022 14:44 WIB
Percepat pembangunan daerah, Pemkab Gowa digitalisasi pelayanan publik

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa terus berupaya melakukan digitalisasi pelayanan publik. Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, digitalisasi pelayanan publik merupakan bagian penting untuk mempercepat pembangunan daerah.

“Ini sebagai bagian guna mengoptimalkan potensi daerah dalam pembangunan di Kabupaten Gowa. Apalagi di era digitalisasi atau era disrupsi seluruh lini kehidupan kita sekarang sudah pada digitalisasi,” kata Adnan usai menandatangani kerja sama dengan PT Telkom Regional VII Makassar, Senin (1/8).

Adnan menjelaskan, berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 tahun 2019 Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola data di pemerintahan untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah.

“Dengan pemanfaatan platform Satu Data ini maka data yang tersebar antar SKPD nantinya dapat saling terintegrasi yang bermuara pada standar kualitas dan kuantitas pelayanan publik yang menjadi pelayanan dasar kebutuhan masyarakat,” tuturnya.

Sponsored

Menurut Adnan, organisasi perangkat daerah (OPD) yang terintegrasi dalam implementasi Satu Data ini antara lain DiskominfoSP Gowa, Bapenda Gowa, Dinas Pendidikan Gowa, Dinas Sosial Gowa, dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gowa.

“Kita berharap dengan dilakukannya penandatanganan hari ini Kabupaten Gowa bisa lebih baik, maju, modern, dan akselerasi ekonomi semakin baik di masa yang akan datang karena sudah sangat mudah,” pungkasnya.

Penandatanganan kerja sama ini juga dihadiri oleh Kepala DiskominfoSP Gowa, Arifuddin Saeni, Kepala Dinas Pendidikan, Taufiq Mursad, Kepala Bapenda Kabupaten Gowa, Ismail, Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gowa, Edi Sucipto, Kepala Dinas Sosial,  Firdaus, serta Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Gowa, Alimuddin Hakim.

Berita Lainnya
×
tekid