sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kendalikan inflasi, Pemprov Kaltim gelar operasi pasar serentak

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menggelar Operasi Pasar atau Pasar Murah dalam rangka Upaya Pengendalian Inflasi Daerah.

Dessy Nuraulia Budiyanto
Dessy Nuraulia Budiyanto Senin, 07 Nov 2022 15:23 WIB
Kendalikan inflasi, Pemprov Kaltim gelar operasi pasar serentak

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menggelar Operasi Pasar atau Pasar Murah dalam rangka Upaya Pengendalian Inflasi Daerah. Kegiatan operasi pasar merupakan salah satu upaya kelancaran distribusi barang dan peningkatan daya beli masyarakat saat adanya kenaikan harga beberapa komoditi.

“Saya mengapresiasi bupati dan wali kota se Kaltim diwilayahnya yang telah mampu menjaga stabilitas ketersediaan pasokan, menjaga stabilitas ekonomi hingga keamanan dan ketertiban di wilayah masing-masing. Sehingga Kaltim pada umumnya dan kabupaten/kota pada khususnya tetap kondusif, aman dan damai,” ucap Isran Noor, saat menghadiri Operasi Pasar di Stadion Randong, Kutai Kartanegara, Senin (7/11).

Isran menyebutkan Kaltim secara khusus memiliki aneka ragam komoditi pangan. Ia memastikan Kalimantan Timur memiliki ketahanan pangan yang tinggi dan masyarakat tidak akan mengalami krisis pangan.

“Semua sumber daya alam yang ada di Indonesia khususnya di Kalimantan Timur jika pandai mengelola, pandai memanfaatkan alam kita yang kaya ini, maka tidak akan terjadi kekurangan atau krisis pangan. Hal-hal yang mengancam masalah pangan ini agar segera ditindaklanjuti, harus ada kerja sama yang baik antar semua pihak, dari pusat hingga daerah,” jelasnya.

Saat melakuka peninjauan, Isran meminta agar kegiatan operasi pasar atau pasar murah yang sumber dananya dialokasikan sebesar 2 persen dari dana transfer ke daerah ini sangat tepat dilakukan untuk menekan angka inflasi di daerah, khususnya untuk sembilan bahan pokok (sembako) yang menjadi pemicu utama inflasi.

“Operasi pasar ini memberikan dampak positif untuk meningkatkan daya beli masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah mengungkapkan kegiatan operasi pasar atau pasar murah ini guna memastikan bahwa pemerintah hadir ditengah-tengah masyarakat di segala kondisi. Kutai Kartanegara sendiri memiliki ketersediaan stok dengan jangkauan dan daya beli masyarakat terhadap sembako masih baik.

“Disini kita harus membangun komitmen bersama, meningkatkan sinergisitas antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten maupun kota dalam mewujudkan ketahanan pangan di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dan Indonesia,” ungkapnya.

Sponsored

Pada kesempatan ini, Gubernur Isran Noor didampingi Bupati Kukar Edi Damansyah menyerahkan secara simbolis paket sembako kepada masyarakat pra sejahtera, alokasi bantuan langsung tunai (BLT) pelaku usaha peternakan total Rp750 juta untuk 500 peternak dan alokasi BLT UMKM total Rp31,452 miliar untuk 52.421 unit UMKM.

Adapun paket sembako yang dijual pada operasi pasar/pasar murah di Tenggarong terdiri beras premium 5 kg, gula pasir 1 kg, minyak goreng 1 liter dan telur ayam ras 10 butir, dengan harga Rp70.000 dari harga normal Rp105.000.

Berita Lainnya
×
tekid