sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

5 negara minta Iran bayar kompensasi atas tragedi pesawat Ukraina

Kelima negara itu pun mendesak Iran menjalankan penyelidikan internasional yang independen, menyeluruh, transparan, dan terbuka.

Valerie Dante
Valerie Dante Jumat, 17 Jan 2020 12:43 WIB
5 negara minta Iran bayar kompensasi atas tragedi pesawat Ukraina

Lima negara yang warganya tewas dalam insiden jatuhnya pesawat Ukraina, menyerukan Iran membayar kompensasi kepada keluarga korban. Pesawat itu menjadi korban salah rudal militer Iran. 

Kanada, Ukraina, Swedia, Afghanistan, dan Inggris pun menegaskan bahwa Iran harus mengadakan penyelidikan internasional yang independen, menyeluruh, transparan, dan terbuka. Pernyataan tersebut dirilis setelah pertemuan para pejabat dari kelima negara di Kedutaan Besar Kanada di London.

"Kami di sini untuk mencari resolusi, pertanggungjawaban, transparansi, dan keadilan bagi para keluarga korban," kata Menteri Luar Negeri Kanada Francois-Philippe Champagne pada Kamis (16/1).

Dia menuturkan bahwa keluarga korban, komunitas internasional, dan dunia menunggu respons Iran.

"Mata dunia tertuju pada Iran saat ini," lanjut dia.

Setelah awalnya menyangkal berperan dalam kecelakaan pesawat tersebut, pada Sabtu (11/1), Teheran mengaku tidak sengaja menembak jatuh Boeing 737-800 milik Ukraine International Airlines. Insiden nahas itu menewaskan 176 penumpang dan kru, termasuk di antaranya 57 warga Kanada.

Sebagian besar korban tewas dari Kanada merupakan akademisi, peneliti, dan mahasiswa yang berasal dari 19 universitas di negara itu. 

Pesawat itu ditembak jatuh pada hari yang sama ketika Iran menyerang dua pangkalan militer di Irak sebagai pembalasan atas serangan udara Amerika Serikat yang membunuh Jenderal Qasem Soleimani.

Sponsored

Kelima negara juga meminta Iran untuk melakukan proses identifikasi korban dengan martabat, transparan, serta menghormati permintaan keluarga korban untuk merepatriasi jenazah.

Menteri Luar Negeri Ukraina Vadym Prystaiko dalam kesempatan yang sama menyatakan bahwa dia telah berdiskusi dengan Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif mengenai repatriasi 11 jenazah korban asal Ukraina.

Dia menambahkan, seluruh jenazah itu telah melalui proses identifikasi dan akan dipulangkan ke Ukraina pada Minggu (19/1).

Sebelum pertemuan pada Kamis, kelima menteri luar negeri menyalakan lilin dalam upacara peringatan bagi para korban tewas. (Reuters dan Deustche Welle)

Berita Lainnya

Pemkot Kediri upayakan tambah ambulans

Sabtu, 10 Jul 2021 18:32 WIB

ICW: Tuntutan 11 Tahun Juliari Sangat Rendah

Kamis, 29 Jul 2021 18:48 WIB

2 varian Xiaomi Mi MIX 4 muncul di TENAA

Kamis, 29 Jul 2021 15:17 WIB