sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Blinken sebut sanksi AS tetap berlaku bagi Iran

Pemerintahan Biden terlibat dalam pembicaraan tidak langsung untuk mengembalikan komitmen AS terhadap JCPOA.

Valerie Dante
Valerie Dante Kamis, 10 Jun 2021 11:46 WIB
Blinken sebut sanksi AS tetap berlaku bagi Iran

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken pada Rabu (9/6) menyatakan bahwa ratusan sanksi AS akan tetap berlaku terhadap Iran bahkan setelah pemerintahnnya bergabung kembali dalam perjanjian nuklir.

Pemerintahan Presiden Joe Biden telah terlibat dalam pembicaraan tidak langsung dengan Iran untuk membatalkan keluarnya mantan Presiden Donald Trump dari perjanjian nuklir 2015, yang secara resmi dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA).

"Saya mengantisipasi bahwa bahkan jika kembali mematuhi JCPOA, ratusan sanksi AS akan tetap berlaku, termasuk sanksi yang dijatuhkan oleh pemerintahan Trump," kata Blinken dalam sidang Senat.

Diskusi mengenai JCPOA yang diselenggarakan di Wina, yang ditengahi oleh para diplomat Eropa, dilaporkan tengah terhenti akibat perselisihan tentang sanksi mana yang akan dicabut.

Sponsored

Pemerintahan Biden siap untuk mengakhiri tindakan besar-besaran yang diberlakukan oleh Trump, termasuk upaya untuk menghentikan semua ekspor minyak Iran, jika Iran secara penuh kembali mematuhi JCPOA.

Namun, Iran bersikeras meminta penghapusan semua sanksi, sementara pemerintahan Biden bersikeras bahwa beberapa sanksi akan tetap berlaku karena masalah lain, termasuk terkait hak asasi manusia dan dukungan Iran untuk gerakan ekstremis.

Blinken kemudian menegaskan kembali dukungan untuk kembali ke JCPOA.

Sumber : France24

Ramai-ramai melepas jerat fast fashion

Ramai-ramai melepas jerat fast fashion

Sabtu, 12 Jun 2021 08:10 WIB
Pilu di balik pembatalan ibadah haji

Pilu di balik pembatalan ibadah haji

Jumat, 11 Jun 2021 07:19 WIB
Berita Lainnya