sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Diterjang hujan lebat, Sydney siaga banjir dalam 24 jam ke depan

Bendungan Warragamba yang menjadi penampungan air utama di kota, mulai tumpah ke dataran Hawkesbury-Nepean.

Nadia Lutfiana Mawarni
Nadia Lutfiana Mawarni Rabu, 02 Mar 2022 17:21 WIB
Diterjang hujan lebat, Sydney siaga banjir dalam 24 jam ke depan

Kota Sydney Australia tengah dalam status siaga tinggi untuk banjir dalam 24 jam ke depan setelah hujan lebat mengguyur sejak Selasa (1/3) waktu setempat. Hujan lebat tersebut disertai angin dan petir.

Dikutip The Guardian, Rabu (2/3) Petugas Biro Meteorologi Dekan Narramore menyebutkan cuaca buruk meluas dari Kota Newcastle di New South Wales (NSW) menuju ke wilayah pantai selatan negara bagian tersebut hingga ke negara bagian Victoria. Ada peringatan banjir dan penduduk untuk wilayah sepanjang aliran sungai Hawkesbury dan Nepean harus mengungsi .

"Curah hujan lebat yang dapat menyebabkan banjir bandang diperkirakan berkembang di beberapa bagian distrik Hunter, Illawarra, Pantai Selatan dan bagian dari Central Tablelands dan Southern Tablelands Forecast Districts selama Rabu," kata biro itu. Total kemungkinan curah hujan selama enam jam antara 80 dan 120 mm. Jika kondisi makin buruk dengan curah hujan yang intens, kemungkinan berbahaya dan mengancam jiwa akan terjadi.

Hujan akan memperpanjang kerusakan yang sudah ditimbulkan pada masyarakat di Queensland dan NSW bagian utara, memperluas layanan darurat dan meninggalkan korban besar dalam nyawa yang hilang dan kerusakan. Kota Sydney dalam keadaan siaga tinggi, ujar Menteri Layanan Darurat NSW Steph Cooke.

Sponsored

Dia mendesak orang-orang untuk mematuhi peringatan dan perintah evakuasi, dengan mengatakan 24 jam ke depan benar-benar penting. "Sementara kita semua berharap yang terbaik, kita harus siap untuk yang terburuk," katanya.

Ahli Meteorologi Senior, Ben Domensino mengatakan ketidakpastian tetap ada, apalagi dengan prakiraan cuaca yang tidak selalu tepat. Prediksi curah hujan menurut Biro Cuaca Sydney untuk Kamis (3/2) meningkat menjadi 50 mm hingga 70 mm, sebelumnya perkiraan hanya mencatat kenaikan dari 30mm menjadi 50 mm. Bendungan Warragamba yang menjadi penampungan air utama di kota, mulai tumpah ke dataran Hawkesbury-Nepean mulai pukul 03.00 dini hari waktu setempat pada Rabu (2/3), dengan arus diperkirakan mencapai puncaknya pada Kamis, kata pemerintah.

Bendungan, yang menampung 80% air konsumsi warga Sydney, mulai melepaskan air untuk memberikan beberapa ruang kosong sebelum hujan. Meski begitu, kapasitasnya sudah melebihi 90%.

Berita Lainnya

, : WIB

, : WIB

Google suntik mati YouTube Go, ada apa?

Minggu, 14 Agst 2022 13:16 WIB

, : WIB
×
tekid