sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ledakan di kawasan industri kimia Jerman, harapan tipis menemukan korban selamat

Lima orang masih hilang setelah ledakan, dan hanya ada sedikit harapan tersisa untuk menemukan korban selamat.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Rabu, 28 Jul 2021 22:19 WIB
Ledakan di kawasan industri kimia Jerman, harapan tipis menemukan korban selamat

Operator kawasan industri kimia Chempark pesimistis akan menemukan korban selamat di balik puing-puing, setelah ledakan besar yang terjadi pada hari Selasa. Ledakan itu melukai 31 orang dan menewaskan dua orang, dengan lima orang masih hilang.

Operasi pencarian dan penyelamatan berlanjut sepanjang Rabu di Chempark, yang terletak di pinggiran kota Leverkusen di negara bagian Rhine-Westphalia Utara Jerman. Lima orang masih hilang setelah ledakan, dan hanya ada sedikit harapan tersisa untuk menemukan korban selamat.

"Kami harus berasumsi bahwa orang yang hilang tidak dapat ditemukan lagi dalam keadaan hidup," kata CEO perusahaan, Frank Hyldmar, kepada wartawan.

Sejauh ini, dua mayat telah ditemukan dari bawah reruntuhan. Setidaknya 31 orang terluka dalam insiden itu, menurut polisi setempat. Lima di antaranya mengalami luka yang cukup serius sehingga membutuhkan perawatan intensif.

Masih terlalu dini untuk mengatakan secara pasti apa yang menyebabkan ledakan dahsyat di lokasi tersebut, yang menampung sekitar 30 perusahaan termasuk Bayer dan Lanxess, Hyldmar menambahkan. Ledakan awal memicu tangki penampung yang berisi pelarut, yang menyebabkan kebakaran besar.

Sambil berfokus pada upaya menemukan orang hilang, perusahaan dan layanan darurat juga memantau situasi ekologi di sekitar lokasi yang lumpuh. Ledakan dan api menutupi sekelilingnya dengan jelaga, dan para ahli saat ini sedang mengambil sampel untuk menentukan apakah residunya beracun.

Menurut penilaian awal insiden oleh Badan Lingkungan Negara Bagian Rhine-Westphalia Utara, gumpalan asap yang dikeluarkan setelah ledakan mengandung berbagai macam racun termasuk "dioksin, PCB, dan senyawa furan." Badan tersebut mengatakan "mengasumsikan" racun dibawa ke "daerah perumahan di sekitarnya," namun masih belum jelas dalam konsentrasi apa bahan berbahaya dilepaskan.

Sampai hasilnya keluar, penduduk setempat disarankan untuk menghindari jelaga di kulit mereka, membawanya ke dalam, atau makan sayuran dan buah-buahan dari kebun mereka, kata juru bicara pemadam kebakaran Leverkusen. Ia juga menyarankan agar anak-anak tidak bermain di luar, dengan taman bermain ditutup di area tersebut.(Sumber: Rt.com)

Sponsored
Berita Lainnya