sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Satgas Covid-19 sebut AS masuki fase baru pandemi

Covid-19 di AS sudah merebak luas hingga pedesaan.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 03 Agst 2020 17:03 WIB
Satgas Covid-19 sebut AS masuki fase baru pandemi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 275213
Dirawat 61813
Meninggal 10386
Sembuh 203014

Pakar kesehatan dan koordinator satuan tugas Covid-19 Gedung Putih, Deborah Birx, pada Minggu (2/8) mengatakan bahwa AS memasuki fase baru dalam perjuangannya melawan pandemik.

"Apa yang kita lihat hari ini berbeda dari Maret dan April. (Virus) ini sudah merebak dengan sangat luas, masuk ke wilayah pedesaan dan perkotaan," kata Birx.

Birx menekankan bahwa warga Amerika Serikat perlu mematuhi pedoman kesehatan, termasuk mengenakan masker dan mempraktikkan social distancing.

"Untuk semua orang yang tinggal di daerah pedesaan, Anda tidak kebal atau terlindungi dari virus ini," ujar dia.

"Jika Anda tinggal di daerah kota, Anda juga benar-benar harus mempertimbangkan untuk mengenakan masker saat keluar dari rumah," imbuhnya.

Sebuah perkiraan yang diterbitkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) memproyeksikan lebih dari 173.000 fatalitas akibat Covid-19 pada 22 Agustus.

Lebih lanjut, Birx tidak memberikan proyeksi terkait berapa banyak fatalitas yang dapat dilihat AS pada akhir tahun, tetapi dia mengatakan bahwa jumlah kematian sangat tergantung seberapa cepat otoritas setiap negara bagian di selatan dan barat mempertahankan upaya mitigasi mereka.

Negara-negara bagian di wilayah selatan dan barat AS telah menjadi hotspot Covid-19 di AS. "Bukan penularan antarindividu yang perlu dihentikan, melainkan penyebaran yang terjadi akibat acara-acara besar. Mereka perlu mengambil tindakan pencegahan lebih keras," kata Birx.

Sponsored

Ketika ditanya apakah sudah waktunya untuk mengubah tanggapan pemerintah federal terhadap pandemik, Birx mengatakan, "Saya pikir pemerintah federal selalu menyesuaikan rencana mereka setiap lima hingga enam minggu ketika tingkat infeksi mulai melonjak di wilayah selatan."

Namun, kira-kira enam pekan lalu, Wakil Presiden AS Mike Pence yang mengepalai satgas Covid-19, mengklaim bahwa Negeri Paman Sam telah memenangkan pertarungan melawan pandemik. Dia juga meyakini tidak akan ada gelombang infeksi kedua.

Para gubernur negara bagian memiliki otoritas untuk memutuskan kapan harus menegakkan atau melonggarkan pembatasan sosial. Mereka juga dapat memiliki kewenangan untuk memutuskan kapan harus menutup dan membuka kembali perekonomian negara bagian masing-masing.

Menurut laporan CDC per Sabtu (2/8), AS mencatat 4.601.526 kasus positif Covid-19, termasuk 154.002 kematian. (CNN)

Berita Lainnya
×
img