sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Video pria tua berjubah oranye viral di TikTok, hoaks dan olok-olok bertebaran

Pada Oktober 2021, dia mulai mengunggah video pria itu dan sekarang memposting tentang dia hampir secara eksklusif.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Minggu, 20 Mar 2022 08:32 WIB
Video pria tua berjubah oranye viral di TikTok,  hoaks dan olok-olok bertebaran

Rekaman seorang pria tua berjubah oranye viral di TikTok. Video itu memperlihatkan ia berbaring dan berinteraksi dengan anggota keluarga. Video itu kemudian diposting ulang di internet bersama dengan informasi yang tidak akurat dan desas-desus yang tidak berdasar tentang pria itu.

Akun asli yang memposting video tersebut bernama @auyary13. Tampaknya dimiliki oleh seorang wanita bernama Auyary, yang memiliki satu juta pengikut dan sampai saat ini biasanya memposting video makanan.

Pada Oktober 2021, dia mulai mengunggah video pria itu dan sekarang memposting tentang dia hampir secara eksklusif. Akun tersebut telah menerima sebanyak 100 juta view pada satu video yang diposting pada Februari 2022 yang menunjukkan dia meletakkan tangannya pada seorang gadis muda. Netizen pun membanjiri komentar yang menanyakan tentang usia dan latar belakangnya, dengan banyak yang berspekulasi dia adalah seorang biarawan.

Video-video tersebut telah memicu sejumlah besar percakapan online, dan telah diedarkan kembali di berbagai platform dan akun. Tetapi mereka juga menyebarkan desas-desus yang bertentangan dan informasi yang salah, yang menyebabkan kebingungan seputar kebenaran di balik rekaman viral tersebut.

Video aslinya konon menunjukkan seorang pria berusia 109 tahun yang tinggal di Thailand. Video yang paling viral di akun @auyary13 memiliki jutaan view dan menunjukkan pria yang dirawat dan terlihat lemah di kursi roda atau berbaring di tempat tidur.

Pemilik akun tersebut juga memiliki profil Instagram, di mana ia memposting foto pria tersebut, yang katanya bernama Luang Pho Yai. Dalam keterangan TikTok dari Januari 2022, yang ditulis dalam bahasa Thailand, dia mengatakan dia berencana untuk memeriksanya ke rumah sakit Dan Khun Thot di Thailand Barat.

Ketika video TikTok-nya mulai viral, banyak komentator bertanya berapa usia pria itu. Dia menanggapi salah satu komentar dalam bahasa Inggris pada 2 Maret, dengan mengatakan, "Menurut ceritanya, dia mengatakan dia berusia 109 tahun."

Hoaks dan misinformasi bertebaran berasal dari video ini. Sebagian mengatakan pria tersebut berusia 163 tahun, bahkan ada yang memberi informasi bahwa usianya 399 tahun, dan jenis kelaminnya wanita. Meme juga banyak dibuat, sejumlah netizen bahkan menyebut  pria tua itu 'bro' dan bergurau soal usianya. (insider)

Sponsored
Berita Lainnya
×
tekid