sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BNPT gelar parade budaya nusantara, jadi aksi cegah radikalisme dan terorisme

Parade Budaya Nusantara ini melibatkan ratusan komunitas dari 77 Kementerian/ Lembaga (K/L), 17 perusahaan di bawah BUMN.

Erlinda Puspita Wardani
Erlinda Puspita Wardani Minggu, 06 Nov 2022 12:25 WIB
BNPT gelar parade budaya nusantara, jadi aksi cegah radikalisme dan terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pada hari ini, Minggu (6/11) menggelar Parade Budaya Nusantara dengan tema “ Bersatu Lebih Erat, Bersama Lebih Harmoni” dengan rute Sarinah- Bundaran HI – Sarinah. Tujuan digelarnya parade ini sebagai upaya mencegah radikalisme, terorisme, dan intoleransi.

Parade Budaya Nusantara ini melibatkan ratusan komunitas dari 77 Kementerian/ Lembaga (K/L), 17 perusahaan di bawah kementerian Badan usaha Milik Negara (BUMN) dan 125 komunitas yang berasal dari organisasi masyarakat, kepemudaan, serta organisasi profesi. Seluruh peserta yang terlibat, berkeliling parade mengenakan kebaya dan pakaian adat budaya nusantara.

“Sebagai pihak yang bergerak pada sektor pencegahan penyebaran pengaruh intoleransi, radikalisme, dan terorisme, parade tersebut juga merupakan wujud upaya BNPT RI dalam membangun ketahanan bangsa Indonesia melalui penguatan aspek budaya. Dengan demikian, terbangun ketahanan bangsa Indonesia dari pengaruh intoleransi, radikalisme, dan terorisme,” jelas Kepala BNPT Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Boy Rafli amar di sela-sela kegiatan parade, Minggu (6/11).

Boy menilai, kegiatan parade Budaya Nusantara ini menjadi simbol kolaborasi antara pemerintah dengan masyarakat sipil dan komunitas yang mampu mengokohkan jati diri keIndonesiaan. Penguatan identitas budaya nasional bangsa Indonesia melalui parade tersebut ditunjukkan melalui kehadiran para peserta yang mengenakan baju adat atau kebaya.

Sponsored

“Parade busana kebaya ini juga dinilai dapat mendorong peran perempuan dalam upaya pencegahan terorisme. Walaupun tergolong dalam kelompok yang rentan, BNPT RI optimis kaum perempuan dapat melindungi keluarga dan komunitasnya dari ideologi dan aksi terorisme,” ungkap Boy.

Dalam rangkaian acara parade ini, ada juga kegiatan bazar dari Usaha Mikor, Kecil, dan Menengah (UMKM), hiburan, dan peragaan busana yang dimulai sejak pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB.

“Kebaya merupakan busana tradisional kebanggaan wanita Indonesia yang membumi. Dengan adanya kegiatan ini, dimaksudkan pula untuk menunjukkan ke The United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) bahwa kebaya Indonesia merupakan salah satu simbol kekayaan kebudayaan Indonesia dan didukung penuh oleh berbagai elemen masyarakat Indonesia,” pungkas Boy.

Berita Lainnya
×
tekid