sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Gareth Southgate: Denmark pernah juara, itu yang orang Inggris suka lupa!

Meski Inggris diunggulkan, Southgate tidak mau sesumbar. Menurutnya Inggris tidak seperti yang selama ini orang percaya.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Rabu, 07 Jul 2021 06:43 WIB
Gareth Southgate:  Denmark pernah juara, itu yang orang Inggris suka lupa!

Inggris memikul beban ekpektasi yang teramat besar untuk melangkah ke final dan menjuarai Euro 2020. Alih-alih tegang, kondisi itu menurut pelatih Inggris Gareth Southgate justru memicu motivasi.

Meski Inggris diunggulkan, dalam konferensi pers pada hari Selasa (6/7), Southgate tidak mau sesumbar. Dia mengakui Denmark juga sebagai kekuatan sepakbola Eropa yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Dan menurutnya bisa jadi tekanan justru lebih banyak ada pada skuad Denmark, ketimbang pasukannya. 

"Pertandingan yang akan sangat ketat. Permainan yang menarik untuk semua orang. Musuh yang sangat bagus," kata Southgate dikutip Sky.com, Rabu (7/7).

Secara rekor, Denmark lebih mentereng. Tim Dinamit pernah menjadi kampiun Euro 1992. Sementara Inggris, belum pernah memenangkannya sekali pun. 

"Piala Euro adalah salah satu yang belum pernah kami menangkan. Denmark, tentu saja, telah memenangkannya sehingga mereka memiliki rekor yang lebih baik dari kami dan saya pikir orang terkadang melupakan itu di negara kami," katanya. 

Publik Inggris kerap mendapuk diri sebagai 'home of football, namun The Three Lions pada kenyataanya miskin gelar. Di Piala Dunia, Negeri Ratu Elizabeth ini baru sekali juara, yaitu pada 1966. Hal ini juga yang diakui Southgate.

"Kami tidak memiliki sejarah sepak bola yang bagus seperti yang terkadang kami percayai," katanya.

Di ajang Euro, pencapaian Inggris terbaik adalah di babak semifinal, ketika bertindak sebagai tuan rumah pada 1996. Kesuksesan Inggris kali ini hingga mencapai semifinal adalah kali pertama sejak 25 tahun lalu.

Sponsored

“Ini adalah hal yang memotivasi, tantangan bagi kami. Jika kami adalah negara yang telah memenangkan lima gelar dan harus menyamai apa yang telah terjadi sebelumnya, kami mungkin merasa berbeda. Tapi tidak," kata dia.

Denmark menang 1-0 dalam pertemuan terakhir antara kedua tim, dengan Christian Eriksen mencetak penalti di babak pertama. Kekalahan Inggris ini terjadi di pertandingan Nations League tahun lalu.

"Kami menghadapi lawan yang sangat bagus, kami tahu itu sebelum musim gugur, dan terlebih lagi setelah pertandingan di musim gugur. Ini akan menjadi pertandingan yang sangat ketat, pertandingan yang menarik untuk semua orang."

Southgate mengatakan pengalaman Three Lions bermain di semifinal Piala Dunia 2018 juga akan membantu mereka.
"Kami siap untuk pertandingan dan para pemain siap. Kami memiliki pengalaman berada dalam situasi ini sebelumnya."

Harry Kane bicara tentang Eriksen

Dalam konferensi pers, kapten Inggris Harry Kane berbicara tentang penyerahan kaus kepada mantan rekan setimnya di Tottenham Hotspur dan bintang Denmark Christian Eriksen menjelang kick off.

Eriksen dikeluarkan dari turnamen setelah menderita serangan jantung saat pertandingan Denmark melawan Finlandia di pertandingan perdana penyisihan grup.

"Saya berteman baik dengan Chris dan disayangkan bahwa dia tidak ada di sana karena dia telah menjadi bagian besar dari kesuksesan mereka selama bertahun-tahun.

"Hal utama adalah dia pulih dengan baik sekarang karena itu adalah hal yang mengerikan yang terjadi. Akan ada presentasi untuk menunjukkan dukungan kami dari semua orang di Inggris."

Southgate menambahkan, "Kami semua menonton ketika itu terjadi dan semua cemas dengan apa yang kami lihat."

Inggris akan menghadapi Denmark di semifinal yang akan digelar di Stadion Wembley, London, Kamis dini hari nanti, (8/7).

Berita Lainnya
×
tekid