sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jangan meremehkan, lengkuas juga bisa meningkatkan kesuburan pria

Manfaat lengkuas mencegah kanker dan membantu kesuburan pada pria. Masih ada lagi manfaat lain yang tidak bisa disepelekan.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Selasa, 22 Jun 2021 17:21 WIB
Jangan meremehkan,  lengkuas juga bisa meningkatkan kesuburan pria

Lengkuas, mungkin sering dikutuk ketika dia tersamar dengan daging rendang. Namun, rimpang yang agak dianak-tirikan dibanding rimpang lain ini, banyak manfaatnya. Dia juga bisa membantu pria menambah kesuburan.

Akar lengkuas adalah rempah-rempah asli Asia Selatan, dan telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda dan tradisional Tiongkok selama berabad-abad.

Sama halnya dengan jahe dan kunyit, lengkuas yang dapat dimakan segar atau dimasak dan merupakan tambahan yang populer untuk banyak masakan di Tanah Air, dan negara-negara Asia Tenggara, juga China.

Rempah-rempah ini juga digunakan untuk menyembuhkan penyakit tertentu, karena dipercaya dapat membantu mengobati infeksi, mengurangi peradangan, meningkatkan kesuburan pria, dan bahkan melawan berbagai jenis kanker. Berikut manfaat-manfaatnya.

Lengkuas antioksidan

Akar lengkuas adalah sumber yang kaya antioksidan, yang merupakan senyawa tanaman bermanfaat yang membantu melawan penyakit dan melindungi sel-sel Anda dari radikal bebas yang merusak.

Ini sangat kaya akan polifenol, sekelompok antioksidan yang terkait dengan manfaat kesehatan, seperti peningkatan memori dan menurunkan gula darah dan kadar kolesterol LDL (buruk) 

Polifenol juga dianggap melindungi terhadap penurunan mental, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. Jahe dan kunyit - dua kerabat dekat akar lengkuas - juga kaya akan polifenol dan telah dikaitkan dengan manfaat ini 

Namun, tidak ada penelitian yang secara langsung menghubungkan akar lengkuas dengan efek ini, sehingga penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum kesimpulan yang kuat dapat dibuat.

Sponsored

Lengkuas pencegah kanker 

Akar lengkuas dapat membantu melindungi tubuh Anda dari jenis kanker tertentu.

Studi menunjukkan bahwa senyawa aktif dalam akar lengkuas, yang dikenal sebagai galangin, dapat membunuh sel kanker atau mencegahnya menyebar.

Lebih khusus lagi, satu penelitian menyoroti kemampuan rempah-rempah untuk membunuh dua jenis sel kanker usus besar manusia. Studi lain menunjukkan lengkuas dapat melawan sel kanker payudara, saluran empedu, kulit, dan hati.

Sebagai catatan, disebutkan bahwa penelitian tabung-reaksi tidak selalu berlaku bagi manusia dan meskipun temuan itu cukup menjanjikan,  dibutuhkan penelitian lebih lanjut kepada manusia. 

Dapat meningkatkan kesuburan pria

Bukti yang muncul menunjukkan bahwa akar lengkuas dapat meningkatkan kesuburan pria.

Dalam satu penelitian pada hewan, jumlah dan motilitas sperma meningkat pada tikus yang diberi ekstrak akar lengkuas..

Selain itu, dalam penelitian 3 bulan pada 66 pria dengan kualitas sperma rendah, pria yang mengonsumsi suplemen harian yang mengandung akar lengkuas dan ekstrak buah delima mengalami peningkatan 62% dalam motilitas sperma. Persentase itu dibandingkan dengan peningkatan 20% pada kelompok plasebo (obat kosong yang diteliti efek sugestinya, dan pada penelitian biasa diberikan hanya biasanya sebagai pembanding zat/obat sedang diuji).

Hanya saja, meskipun temuan ini menarik, tidak jelas apakah efeknya disebabkan oleh akar lengkuas atau ekstrak buah delima.

Diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk menentukan efek akar lengkuas pada kesuburan pria.

Dapat melawan peradangan dan rasa sakit

Akar lengkuas dapat mengurangi peradangan penyebab penyakit, karena mengandung HMP, fitokimia alami yang menurut penelitian tabung dan hewan memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat.

Faktanya, tanaman dari keluarga Zingiberaceae, termasuk lengkuas, tampaknya sedikit mengurangi rasa sakit, gejala umum peradangan.

Misalnya, dalam satu studi 6 minggu pada 261 orang dengan osteoarthritis lutut, 63% dari mereka yang mengonsumsi ekstrak jahe dan lengkuas setiap hari melaporkan pengurangan nyeri lutut saat berdiri, dibandingkan dengan 50% dari mereka yang menggunakan plasebo. 

Namun, penelitian lebih lanjut tentang efek pengurang rasa sakit dari akar lengkuas secara khusus diperlukan sebelum kesimpulan yang kuat dapat dibuat.

Dapat melindungi dari infeksi

Minyak atsiri yang diekstrak dari akar lengkuas dapat melawan berbagai mikroorganisme. Dengan demikian, akar lengkuas dapat memperpanjang umur simpan makanan tertentu. Selain itu, menambahkan akar lengkuas segar ke dalam resep Anda dapat mengurangi risiko vibriosis, infeksi yang disebabkan oleh makan kerang yang kurang matang.

Selanjutnya, penelitian tabung menunjukkan bahwa akar lengkuas dapat membunuh bakteri berbahaya, termasuk E. coli, Staphyloccocus aureus, dan Salmonella Typhi, meskipun efektivitasnya tampaknya bervariasi di antara penelitian. 

Akhirnya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa akar lengkuas dapat melindungi terhadap jamur, ragi, dan parasit. Namun, tidak semua penelitian menyampaikan hasil yang sama.

Kesimpulannya, akar lengkuas kaya akan antioksidan dan dapat meningkatkan kesuburan pria serta mengurangi peradangan dan rasa sakit. Bahkan dapat melindungi terhadap infeksi dan jenis kanker tertentu, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan.

Berita Lainnya