sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

KPK: Film jadi medium lawan korupsi

Anti-Corruption Film Festival (ACFFest) 2020 merupakan kegiatan keenam sejak diadakan pada 2013.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Rabu, 19 Agst 2020 15:40 WIB
KPK: Film jadi medium lawan korupsi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 282724
Dirawat 61686
Meninggal 10601
Sembuh 210437

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai, upaya memerangi rasuah dapat dilakukan melalui medium seni, salah satunya film. Apalagi, pelaku seni dianggap turut bertanggung jawab dalam upaya memberantas praktik lancung.

"Insan seni Indonesia salah satunya bertanggung jawab untuk menegakkan dan melawan korupsi," ujar Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, dalam sambutan pembukaan ACFFest 2020 yang disiarkan di kanal YouTube KPK, Rabu (19/8).

Baginya, terdapat tujuan bernegara melalui kegiatan seni. Karenanya, KPK meresmikan Festival Film Antikorupsi (Anti-Coruption Film Festival/ACFFest) 2020.

Melalui gelaran itu, Ghufron berharap, menumbuhkan sikap perlawanan anak muda terhadap praktik korupsi.

"Jangan sampai kemudian ada pandangan, bahwa korupsi adalah jalan lain. Korupsi dianggap alternatif. Itu yang harus dilawan," tegas dia.

Film yang dihasilkan melalui ACFFest pun diharapkan dapat menunjukkan kualitas seni Indonesia pada dunia. 

"Kami berharap, bahwa film Indonesia adalah film bermartabat, memiliki substansi yang kaya, di antaranya juga memiliki substansi antikorupsi supaya tidak terkesan film produksi di Indonesia adalah film klenik, film perselingkuhan," terangnya.

Ini merupakan kali keenam KPK menggelar ACFFest sejak 2013. Kegiatan pada 2020 mengusung tema "Kreasi di Tengah Pandemi." Diharapkan dapat menunjukkan kreativitas masyarakat di tengah tantangan pagebluk.

Sponsored

"Kami berharap, bahwa Covid-19 (coronavirus baru) yang telah banyak membatasi pergerakan kita, komunikasi kita, ternyata tidak membatasi kreativitas. Bahwa pandemi bukanlah hambatan, tetapi pandemi adalah tantangan untuk kita jawab, salah satunya adalah berkreasi dalam menciptakan film antikorupsi," tutup Ghufron.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Anti Corruption Film Festival (ACFFEST) 2020 is back! Buat kamu yang sudah menunggu kehadiran ACFFEST 2020, kami kembali hadir dengan membawa tema “Kreasi di Tengah Pandemi” Untuk mengawali ACFFEST tahun ini, kami akan mengadakan online talkshow dan launching secara online yang bisa kamu ikuti melalui aplikasi zoom meeting! Kegiatan Launching ACFFEST 2020 juga akan dihadiri oleh Bapak Firli Bahuri (Ketua KPK), Bapak @giri.suprapdiono (Direktur Dikyanmas) , Bapak Pahala Nainggolan (Deputi Bidang Pencegahan), @garinugroho, @nayaanindita Catat tanggal dan waktunya ya dan segera daftarkan dirimu di bit.ly/launchingacffest2020 (link di bio) jangan sampai kamu kelewatan, karena ACFFEST punya program yang berbeda di tahun ini.. Sampai jumpa! #acffest2020 #kreasiditengahpandemi #acffestcomeback

A post shared by Anti Corruption Film Festival (@acffest.kpk) on

Harga rumah mewah kian murah

Harga rumah mewah kian murah

Senin, 28 Sep 2020 15:10 WIB
Rapid test, demi kesehatan atau cuan?  

Rapid test, demi kesehatan atau cuan?  

Minggu, 27 Sep 2020 17:55 WIB
Berita Lainnya

, : WIB

, : WIB

, : WIB

Google Meet hadirkan fitur noise cancellation

Rabu, 30 Sep 2020 12:39 WIB