logo alinea.id logo alinea.id

Tips jitu yang harus diketahui solo traveller wanita

Lakukan research terhadap setiap pemilihan destinasi untuk memastikan Anda siap untuk perjalanan

Hermansah
Hermansah Minggu, 10 Mar 2019 09:53 WIB
Tips jitu yang harus diketahui solo traveller wanita

Di zaman sekarang ini, masih banyak wanita yang sering merasa dirinya memiliki banyak halangan untuk mencapai impian mereka entah itu dari faktor internal (seperti kepercayaan diri) atau faktor eksternal (lingkungan) yang kadang-kadang tidak berada di bawah kendali mereka. 

Sehubungan dengan Hari Perempuan Internasional (8 Maret), Traveloka memberikan inspirasi bagi para wanita, untuk meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian merencanakan solo traveling. Sekaligus menaklukkan ketakutan agar mampu menguasai diri sendiri dengan sepenuhnya.

Tidak dapat dipungkiri, melangkah ke hal baru sendirian merupakan prestasi yang sangat besar bagi kebanyakan orang. Namun, untuk sepenuhnya memahami pentingnya solo traveling dan keajaiban yang akan didapat dari kegiatan tersebut, mari kita jelajahi tiga manfaat dari solo traveling:

1. Meningkatkan kemandirian & keterampilan dalam memecahkan masalah

Hambatan komunikasi, kehilangan arah adalah contoh masalah yang akan sering Anda temui di sepanjang jalan. Dengan menghadapinya sendiri terlebih dahulu, akan mendorong Anda melewati rasa tidak aman dengan cara apa pun, dan belajar untuk berjuang sendiri.

2. Hadapi dunia dengan percaya diri

Menaklukkan rasa takut Anda dan menjadi semakin percaya diri dengan melakukan solo traveling, khususnya saat berada dalam situasi yang sulit. Pengalaman ini tentunya akan dapat Anda temukan selama melakukan solo traveling

3. Empati terhadap orang lain

Sponsored

Dalam perjalanan solo, Anda akan untuk bertemu dengan semua lapisan masyarakat yang tentunya akan memberikan sejuta pengalaman disaat perjalanan. Dengan melakukan solo traveling dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan yang paling penting, berempati dengan mereka yang berasal dari latar belakang berbeda.

Hal ini dapat membuat pikiran Anda lebih terbuka, mendapatkan banyak inspirasi dan terinspirasi untuk lebih memahami dunia. Pada akhirnya membantu menjadikan dunia menjadi tempat lebih baik ketika mulai belajar mencintai dan memahami orang yang berbeda.

Selain itu, Traveloka juga merekomendasikan lima destinasi yang untuk wanita yang ingin mulai merencanakan solo traveling mereka:

1. Malang, Indonesia

Terkadang Anda tidak perlu berpergian jauh untuk melakukan solo traveling. Sebagai penduduk setempat, ada baiknya tidak mengabaikan "kunjungan wajib" di negara sendiri.

Kunjungi Museum Angkut di kota Malang yang terkenal dengan keindahan koleksi transportasi dari masa ke masa serta unsur seni dan budaya yang sangat khas Indonesia. Setelah berjalan-jalan menikmati seni dan budaya Indonesia, sisakan waktu di kedai kopi lokal pilihan.

Sembari menikmati waktu Anda sendiri, menghirup pemandangan, suara, dan aroma kota Malang yang sangat menenangkan.

2. Hong Kong

Hong Kong memanjakan wisatawan karena kaya atraksi yang aman dan ramah bagi semua. Lihatlah Madame Tussauds yang terkenal di dunia ini, di mana Anda dapat hangout dan berfoto selfie dengan selebriti favorit Anda di 11 zona interaktif.

Naik bus bertingkat dua Hong Kong pertama yang menggabungkan tamasya dengan santapan gourmet di Crystal Bus Sightseeing and Dining Tour dan tentu saja, sebuah "yang tidak boleh dilewatkan", yakni menghabiskan satu hari dengan karakter-karakter terkenal Disney di Hong Kong Disneyland.

3. Tokyo, Japan

Negeri Matahari Terbit adalah favorit di antara banyak wisatawan. Kenyamanan, keamanan, dan kebudayaan di Tokyo tentunya akan menjadi pengalaman unik bagi para traveller, untuk mengunjungi negara yang kaya akan sejarah dan teknologi modern.

Kunjungi salah satu taman hiburan indoor terbaik Jepang, Sanrio Puroland dan berfoto dengan tokoh-tokoh menggemaskan yang sangat terkenal seperti Hello Kitty, Gudetama, Pom Pom Purin, dan lainnya. 

Kemudian dapat menikmati pertunjukan Sumo otentik atau bisa belajar resep Jepang dari koki profesional di Cultural Experience-Japanese Home Cooking Experience di Shibuya.

4. Seoul, Korea

Kota ini menawarkan sejarah budaya yang kaya dan pilihan wisata tanpa akhir seperti toko dan butik yang trendi. Jika Anda menyukai pemandangan kota yang indah nan cantik, Menara N Seoul harus dikunjungi karena pemandangan 360 derajat Seoul. 

Kemudian jika Anda ingin merasakan langsung bagaimana menjadi tokoh aktris Korea, kunjungi don a hanbok, pakaian tradisional Korea yang berasal dari berabad-abad yang lalu; atau mungkin rencanakan perjalanan di salah satu dari banyak festival Korea Selatan, seperti Festival Es Hwacheon Sancheoneo, Festival Kupu-Kupu Hampyeong dan masih banyak lagi.

5. Melbourne, Australia

Melbourne dianggap sebagai salah satu tujuan terbaik dan teraman untuk melakukan solo traveling khususnya bagi wanita. Berkelas, berseni, indah, dan vintage.

Ibu kota budaya Australia itu sangat menarik dengan adanya taman hijau, galeri yang estetik, museum, pusat perbelanjaan hingga bangunan arsitektur yang sangat memanjakan mata Anda.

Bergabunglah dalam tur sehari ke Twelve Apostles untuk menikmati pemandangan menakjubkan dari tumpukan batu kapur di pantai Great Ocean Road; atau kunjungi kebun anggur Lembah Yarra untuk mencicipi anggur terbaik di Australia.

Melakukan traveling seharusnya menjadi sarana dalam mendapatkan pengalaman yang menggembirakan dan menginspirasi ketika dilakukan dengan cara tepat dan sesuai kebutuhan.

Oleh karena itu, lakukan research terhadap setiap pemilihan destinasi untuk memastikan Anda siap untuk perjalanan. Maka dari itu, untuk memudahkan Anda, Traveloka menawarkan solusi perjalanan yang tersedia dalam satu platform untuk meningkatkan pengalaman perjalanan.

Nah, dari seluruh rekomendasi tips jitu serta inspirasi destinasi yang telah dijabarkan, siapa bilang wanita tidak bisa traveling sendiri?