sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Listyo Sigit, calon tunggal Kapolri

Listyo meneguhkan tekadnya untuk mentransformasi Polri.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Sabtu, 23 Jan 2021 15:30 WIB
Listyo Sigit, calon tunggal Kapolri

Komjen Listyo Sigit Prabowo akan dilantik menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan Jenderal Idham Azis yang pensiun pada 30 Januari 2021.

DalamĀ uji kelayakan dan kepatutan, Rabu, 20 Januari 2021, Listyo "banjir" pujian dari DPR. Listyo meneguhkan tekadnya untuk mentransformasi Polri pada tataran organisasi, operasional, pelayanan publik, dan pengawasan. Polisi prediktif berarti kepolisian bertransformasi menjadi aparat yang berorientasi pencegahan atau prediksi situasi dan kondisi. Potensi gangguan keamanan dan ketertiban dianalisis dengan memanfaatkan data dan informasi yang didukung kemajuan teknologi.

Responsibilitas bermakna sebagai rasa tanggung jawab dan responsif dalam bertugas, yakni menjamin keamanan masyarakat. Sedangkan transparansi berkeadilan berarti polisi merealisasikan prinsip dan cara berpikir yang terbuka, akuntabel, dan humanis untuk menjamin rasa keadilan masyarakat.

Dalam makalah setebal 120 halaman itu, Listyo merinci tahapan transformasi Polri menuju organisasi yang unggul rentang tahun 2021-2025. Tidak hanya menjabarkan peta jalan transformasi lewat matriks yang rinci, ia juga menguraikan detail pendanaannya. Plus dilengkapi 16 program prioritas.

Dalam program prioritas, Listyo tidak hanya berfokus pada transformasi kelembagaan, penegakan hukum, dan pemeliharaan kamtibmas, tapi juga membantu pemerintah dalam penanganan Covid 19, pemulihan ekonomi, dan jaminan keamanan program prioritas nasional. Ia juga menekankan penanganan konflik sosial, pelayanan dan komunikasi publik serta pengawasan oleh masyarakat.

Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri itu menjadi calon tunggal yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo. Surat Presiden (surpres) terkait penunjukan Komjen Listyo diserahkan kepada DPR pada Rabu, 13 Januari 2021 lalu.

Listyo merupakan satu dari lima nama yang diusulkan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) kepada Presiden pada Kamis, 7 Januari lalu. Mereka di antaranya Wakapolri Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono, Kepala BNPT Komisaris Jenderal Boy Rafly Amar, Kabareskrim Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kalemdiklat Komisaris Jenderal Arief Sulistyanto, dan Kabarhakam Komisaris Jenderal Agus Andrianto.

Infografik Kapolri pilihan Jokowi. Alinea.id.

Sponsored
Berita Lainnya