sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Firli naik helikopter, Wakil Ketua KPK: Efisiensi waktu

Helikopter digunakan Firli Bahuri saat berziarah ke makam orang tua di Baturaja, Sumsel, 20 Juni.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Jumat, 26 Jun 2020 13:08 WIB
Firli naik helikopter, Wakil Ketua KPK: Efisiensi waktu

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata angkat bicara ihwal dugaan pelanggaran etik oleh Ketua KPK Firli Bahuri terkait penggunaan helikopter saat berziarah ke makam orang tuanya di Sumatera Selatan (Sumsel), 20 Juni 2020.

Dirinya berpendapat, perwira bintang tiga itu menyewa transportasi mewah guna mempersingkat waktu tempuh. Jika melalui jalur darat akan memakan waktu lama.

"Dia kabarnya, kan, naik helikopter dan itu memang bayar karena, kan, pertimbangannya dari Palembang ke kampung dia kalau naik mobil berapa itu, tujuh jam atau berapa," ujar Alexander saat ditemui di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (26/6).

Dikatakan Alex, helikopter disewa lantaran Firli hanya mengambil satu hari cuti kerja. Menurutnya, jarak tempuh jalur darat ke Baturaja akan memakan waktu sehari lamanya. 

"Makanya, menyewa helikopter. Itu bayar, kok. Dia bilang helikopter. Itu yang disampaikan," tutur Alex.

"Terlepas, ya, apa pun pendapat masyarakat, tetapi dari sisi efisiensi waktu, itu yang dia pertimbangkan karena cuti cuma satu hari," tutupnya.

Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) sebelumnya melaporkan Ketua KPK, Firli Bahuri, ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK lantaran diduga melanggar kode etik berupa bergaya hidup mewah. Pangkalnya, memakai helikopter untuk berziarah ke makam orang tuanya di Baturaja dari Palembang, 20 Juni 2020.

"Perjalanan dari Palembang menuju Baturaja menggunakan sarana helikopter milik perusahaan swasta dengan kode PK-JTO," ucap Koordinator MAKI, Boyamin Saiman, dalam keterangannya, Rabu (24/6).

Sponsored

Firli juga dilaporkan atas dugaan melanggar protokol kesehatan saat melakukan kunjungan ke Sumsel. Dalam kunjungan tersebut, dirinya diduga tidak memakai masker dan mematuhi jaga jarak ketika bertemu puluhan anak-anak di Baturaja.

Berita Lainnya

, : WIB

, : WIB

, : WIB

Google suntik mati YouTube Go, ada apa?

Minggu, 14 Agst 2022 13:16 WIB
×
tekid