sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Gugus Tugas Covid-19 masih butuh relawan psikologi dan komunikasi

Sudah ada 30.098 orang yang bergabung menjadi relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Rabu, 20 Mei 2020 17:20 WIB
Gugus Tugas Covid-19 masih butuh relawan psikologi dan komunikasi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.322.866
Dirawat 158.408
Meninggal 35.786
Sembuh 1.128.672

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 masih membutuhkan relawan nonmedis di bidang psikologi dan komunikasi. Hal ini lantaran pandemi Covid-19 berimbas pula pada kesehatan mental.

“Yang masih kurang dari segi psikolog, karena kita psikososial ini adalah hal penting yang kita ke depankan, masyarakat sudah cukup banyak yang stres ada tekanan. Begitu juga untuk tenaga tenaga penyuluh, jadi yang mempunyai kemampuan komunikasi misalnya,” ujar Koordinator Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Andre Rahadian dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (20/5).

Relawan bidang psikologi dan komunikasi tersebut akan tergabung dalam relawan nonmedis. Warga yang berminat untuk bergabung, dapat melakukan pendaftaran melalui website resmi relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Syarat yang diperlukan hanya bersifat administratif terkait latar belakang pendidikan dan kompetensi pribadi.

Selain relawan nonmedis, Gugus Tugas juga merekrut relawan medis untuk menjadi dokter, bidan, maupun perawat. Untuk bergabung dalam tim relawan, mereka harus harus mengantongi surat izin dari keluarga dan surat registrasi, serta lolos medical check up.

Andre menjelaskan, perekrutan relawan selama ini dilakukan dengan menggandeng berbagai ormas dan organisasi kepemudaan. Menurutnya, kebutuhan terhadap relawan nonmedis cukup besar, mengingat akan disebar menempati banyak sektor, mulai logistik hingga administrasi umum.

Hingga saat ini, sudah ada 30.098 relawan yang bergabung dengan Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19. Sebanyak 7.115 relawan medis, dan 22.983 relawan nonmedis. 

"Kami juga gandeng seluruh elemen masyarakat, baik organisasi massa, organisasi kebencanaan. Walaupun yang terdaftar 30.000 lebih, tapi yang bekerja lebih dari 100.000-an,” ucapnya.

Para relawan tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Andre mengatakan, sekitar 70% relawan dikerahkan di Pulau Jawa. Sebab, Pulau Jawa menjadi episentrum penyebaran Covid-19.

Sponsored

Ia pun memstikan usia para relawan tergolong dalam kategori aman dari Covid-19. Sebanyak 80 % relawan rata-rata berumur di bawah 40 tahun.

“Kami bersyukur sekarang ada 15 mahasiswa juga ikut bergabung dan sekarang terdaftar sebagai relawan di Gugus Tugas,”ucap Andre.

Berita Lainnya