sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Info mudik Lebaran: Contraflow di jalan tol Jagorawi dihentikan

JMT melakukan penghentian sistem contraflow di jalan tol. Penghentian dilakukan atas diskresi dari kepolisian.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Selasa, 03 Mei 2022 16:27 WIB
Info mudik Lebaran: Contraflow di jalan tol Jagorawi dihentikan

Jasa Marga Metropolitan Tollroad (JMT) melakukan penghentian sistem contraflow di jalan tol. Penghentian dilakukan atas diskresi dari kepolisian.

General Manager Representatif Office 1 Regional Jasamarga Metropolitan Tollroad Tri Wahyu Subekti mengatakan, pemberlakuan contraflow di ruas tol Jagorawi mulai KM 05+000 sampai KM 13+000 arah Bogor/Ciawi sejak pukul 12.30 WIB. Hal itu dilakukan untuk mengurai kepadatan di ruas tol Jagorawi, tepatnya antisipasi pertemuan lalu lintas pengguna jalan yang berasal dari ruas tol JORR E dan ruas Tol JORR S serta pengguna jalan dari ruas tol dalam kota dan ruas tol Jagorawi.

“Atas diskresi Kepolisian pukul 15.00 WIB contraflow dihentikan,” kata Tri dalam keterangan, Selasa (3/5).

Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Irra Susiyanti mengatakan, secara intensif pihaknya melakukan pemantauan kondisi lalu lintas serta bersama dengan Kepolisian telah menyiapkan rencana bertindak berupa rekayasa lalu lintas. Rencana tersebut sebagai langkah antisipasi terjadinya kepadatan di ruas tol Jagorawi.

“Jasa Marga mengimbau kepada masyarakat agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan dengan memastikan kondisi kendaraan siap jalan, kondisi pengemudi yang prima, memperhatikan kecukupan BBM dan uang elektroniknya untuk kenyamanan perjalanan,” ucap Irra.

Sementara itu, lLalu lintas yang meninggalkan wilayah Jabotabek pada H1 Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 masih terpantau tinggi. Sebanyak 179.083 kendaraan meninggalkan Jabotabek dari empat gerbang tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, angka ini naik 34,3% jika dibandingkan lalin normal periode November 2021 dengan total 133.308 kendaraan. Pada lalu lintas yang menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama mencapai 70.294 kendaraan, naik hingga 145% terhadap lalu lintas normal.

“Kami juga melihat kenaikan yang siginikan untuk lalu lintas yang mengarah ke Bandung melalui GT Kalihurip Utama yaitu sebanyak 37.954 kendaraan, naik 41,4% diandingkan dengan lalu lintas normal. Sementara itu, untuk yang ke arah Puncak mencapai 38.742 kendaraan, naik 24,7% dibandingkan dengan lalu lintas normal,” kata Heru, Selasa (3/5).

Sponsored

Heru menyampaikan, untuk yang ke arah Merak melalui GT Cikupa, adalah sebanyak 32.093 kendaraan, turun 31,3% dari lalu lintas normal. Heru menambahkan, Jasa Marga juga mencatat jumlah kendaraan yang masuk ke Jabotabek pada H1 Lebaran 2022 kemarin dan secara tren masih menurun jika dibandingkan dengan lalu lintas normal.

“Untuk kendaraan yang masuk ke wilayah Jabotabek pada periode yang sama, kami catat menurun dibandingkan dengan periode normal. Secara total, pada H1 Lebaran 2022 kemarin, kami mencatat sebanyak 93.818 kendaraan, turun hingga 31,9% dari periode normal. Jumlah ini juga merupakan kumulatif dari empat gerbang tol utama di arah timur, barat dan selatan,” tutup Heru.

Melihat tingginya lalu lintas mudik, Heru mengimbau masyarakat yang saat ini tengah berada di kampung halaman untuk mengatur waktu perjalanan kembali ke Jabotabek.

Berita Lainnya
×
tekid