sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Korlantas pastikan tak ada penyekatan saat mudik lebaran

Korlantas akan membentuk pos kesehatan dan keselamatan saat mudik lebaran.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Kamis, 31 Mar 2022 06:35 WIB
Korlantas pastikan tak ada penyekatan saat mudik lebaran

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memastikan tidak ada penyekatan kendaraan selama mudik lebaran 2022. Kebijakan itu dipastikan setelah pengecekan terlaksana di Pelabuhan Merak, Banten.

Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri, Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, kebijakan yang akan diterapkan adalah pembatasan. Sebab, penumpukan dapat terjadi apabila kendaraan semua menunggu di pelabuhan ataupun masuk bersamaan.

"Ini akan lebih kepada pembatasan. Karena kalau semuanya masuk pada waktu yang bersamaan, pada saat menunggu, ini akan terjadi penumpukan," ujar Firman saat berada di Kantor ASDP Indonesia Ferry, Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (30/3).

Menurutnya, penumpukan akan menyebabkan pergerakan kendaraan terbatas. Kebijakan pembatasan juga akan dilakukan sejak kendaraan masih berada di tol.

"Jadi kalaupun ada penyekatan nanti di tol, itu bukan disekat, tapi di sini (Pelabuhan Merak) cukup berapa kapasitasnya. Begitu ada informasi 50 buka, 50 kirim. Jadi nggak numpuk di sini," ucapnya.

Ia berharap, masyarakat tidak menjadi bias dengan informasi tersebut. Ia tidak ingin masyarakat mengantre ketika di pelabuhan belum ada kapal yang siap berlayar.

"Sehingga masyarakat tidak ragu, tidak kabur, informasinya tidak menjadi bias. 'Katanya tidak ada penyekatan, kok ini kita disekat, ini berhenti'. Bukan. Ndak bisa semua suruh maju. Kalau ngga ada kapal masa mau ke air semua nanti," ujar dia.

Firman menegaskan, pola pengamanan mudik Idul Fitri 2022 nanti adalah pos pelayanan. Baik itu pelayanan arus lalu lintas maupun pelayanan kesehatan.

Sponsored

Pos ini akan membantu proses kelancaran selama berada di jalan raya. Bahkan, kegiatan penyebrangan, bongkar muat, hingga pelayanan kesehatan Covid-19 ada di dalamnya.

"Sekali lagi dalam rangka pelayanan,” tutur Firman.

Berita Lainnya
×
tekid