sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Lagi, keluarga Presiden Jokowi maju di Pilkada 2020

Ipar Jokowi, Wahyu Purwanto, maju sebagai calon bupati Gunung Kidul melalui Partai NasDem.

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Senin, 13 Jan 2020 16:00 WIB
Lagi, keluarga Presiden Jokowi maju di Pilkada 2020

Keluarga Presiden Joko Widodo lagi-lagi meramaikan bursa calon kepada daerah di Pilkada 2020. Setelah anak, mantu, dan besan, kali ini ipar Jokowi, Wahyu Purwanto memutuskan maju pada Pilbup Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wahyu maju ke kontestasi politik lima tahunan itu melalui Partai NasDem. Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem DIY Suharno mengonfirmasi kabar tersebut.

Hanya saja, pihaknya belum mendapat rekomendasi dari DPP NasDem ihwal bakal calon yang akan didukung partai besutan Surya Paloh pada Pilbup Gunung Kidul. Wahyu Purwanto kemungkinan akan maju bersama Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Gunung Kidul, Bahron Rasyid, sebagai bakal calon wakil bupati.

"Kami berharap Wahyu Purwanto bisa mendapatkan rekomendasi dari DPP NasDem," kata Suharno di Gunung Kidul, Yogyakarta, Senin (13/1).

Menurutnya, Wahyu Purwanto sudah berkomitmen untuk membangun daerah sejak dirinya menjadi rektor Universitas Gunung Kidul. Selain itu, Wahyu juga melakukan pendampingan terhadap petani, dan warga lainnya.

"Kalau bisa menang, koordinasi dengan pusat kan lebih mudah, tetapi faktor keluarga presiden itu hanya satu faktor saja. Faktor lainnya komitmen Wahyu Purwanto membangun Gunung Kidul sudah sejak lama,” katanya.

Sementara Ketua DPD Nasdem Gunung Kidul Suparjo mengatakan, pihaknya telah menyerahkan nama Wahyu Purwanto dan Bahron Rasyid ke DPP NasDem. Menurutnya, pihak DPP akan memutuskan bakal calon yang diusung dalam dua bulan ke depan.

"Surat rekomendasi turun sekitar Februari atau Maret nanti. Keputusan tergantung pusat,” kata Suparjo.

Sponsored

Wahyu Purwanto menambah panjang daftar keluarga Jokowi yang maju dalam kontestasi Pilkada 2020. Sebelumnya, anak Jokowi, Gibran Rakabuming Raka memutuskan maju dalam perhelatan Pilwalkot Surakarta. Kemudian menantu Jokowi, Bobby Nasution, mengikuti langkah kakak iparnya tersebut.

Suami putri Jokowi, Kahiyang Ayu, maju dalam Pilwalkot Medan. Besan Jokowi yang merupakan paman Bobby, Doly Sinomba Siregar, juga memutuskan hal yang sama dengan maju sebagai calon bupati Tapanuli Selatan. (Ant)

Berita Lainnya