sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Mahfud MD: Keamanan Natal 2019 terbaik dibanding sebelumnya

Salah satu indikatornya tidak ada sedikitpun peristiwa atau letupan kecil yang sifatnya lokal.

Khaerul Anwar Fadli Mubarok
Khaerul Anwar | Fadli Mubarok Kamis, 26 Des 2019 16:37 WIB
Mahfud MD: Keamanan Natal 2019 terbaik dibanding sebelumnya

Pemerintah mengklaim perayaan Natal pada 2019 merupakan yang terbaik daripada perayaan Natal beberapa dekade terakhir.

Menurut Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, banyak tokoh gereja yang mengaku perayaan Natal 2019 merupakan perayaan Natal teraman dan ternyaman.

Salah satu indikatornya tidak ada sedikitpun peristiwa atau letupan kecil yang sifatnya lokal. Oleh karena itu, pemerintah amat bangga dengan hasil yang ada. Apalagi banyak umat kristiani merasa senang karena dapat merayakan Natal dengan damai.

“Tidak ada satu peristiwa apapun. Letupan-letupan kecil yang sifatnya sangat lokal tidak mampu memprovokasi situasi nasional. Sehingga secara nasional ucapan terima kasih disampaikan kepada pemerintah dan pemerintah menyampaikan kepada rakyat,” kata Mahfud di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (26/12).

Atas dasar tersebut, pemerintah sangat berterima kasih dengan sejumlah elemen yang telah bekerja keras, untuk menjaga keamanan dan kedamaian Natal. Ia berharap, keamanan dan kedamaian juga dapat terjadi dalam perayaan Tahun Baru 2020.

Natal adalah salah satu ritual keagamaan yang wajib dihormati oleh seluruh masyarakat. Hal tersebut lantaran masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang beragama, dan tidak ada agama yang diturunkan untuk permusuhan antarmanusia.

“Semua agama mengajarkan persaudaraan. Oleh sebab itu kalau orang beragama dengan baik, agama apapun, maka rasa persaudaraan juga kuat pada dirinya,” tutur dia.

Sementara Kepolisian Daerah (Polda) Banten mengklaim perayaan natal di Provinsi Banten berlangsung aman dan kondusif. Hal tersebut berkat kerja sama seluruh stakeholder dalam memberikan kemanan selama rangkaian Natal 2019.

Sponsored

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi memastikan umat nasrani yang melaksanakan misa natal bersangsung aman dan lancar.

"Hingga hari ini belum ada permasalahan atau kendala apapun dalam kegiatan pengamanan karena TNI, Polri, Banser dan dan pemuda gereja mendukung penuh kegiatan ini (pengamanan natal)," kata Edy kepada wartawan.

Berita Lainnya