sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menhub akui positif Covid-19 sering lolos di bandara

Budi Karya Sumadi telah mencanangkan beberapa hal guna menambal sejumlah kekurangan yang ada.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Rabu, 06 Mei 2020 12:19 WIB
Menhub akui positif Covid-19 sering lolos di bandara

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengakui, penerapan protokol kesehatan di jalur perhubungan udara yang paling kurang maksimal. Budi Karya malah mempertanyakan kinerja Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di bandara yang kecolongan meloloskan sejumlah orang yang positif Covid-19.

"Kalau tes Covid-19 domainnya di Kemenkes. Ada komando dari Gugus Tugas dan kami melakukan dengan ketat. Tetapi sebagai ilustrasi saja, di bandara banyak yang lolos," kata Budi saat melangsungkan Rapat Kerja Virtual dengan Komisi V DPR RI, Rabu (6/5).

Berkaitan dengan ini, Budi Karya telah mencanangkan beberapa hal guna menambal sejumlah kekurangan yang ada. Sebagai langkah pertama, berkoordinasi dengan Direktur PT Angkasa Pura II terkait optimalisasi protokol kesehatan di bandara.

Juga sudah meminta Kemenkes menambah personel Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di bandara. Evaluasi, juga diperlukan guna memperketat protokol kesehatan yang ada.

Sponsored

"Berkaitan dengan tes sudah diputuskan di sidang kabinet. Di bandara, di stasiun ada corner test yang dikoordinir Gugus Tugas," tegas Budi.

Lebih jauh, Budi meminta anggota dewan turut mengawasi proses implementasi protokol kesehatan di jalur-jalur transportasi. Ia berharap, ada sinergi antara Komisi V sebagai pengawas sektor tranportasi dan Komisi IX sebagai pengawas sektor kesehatan agar tugas KKP optimal.

Berita Lainnya