sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menkes minta kepala daerah utamakan vaksinasi lansia

Provinsi terbanyak melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap lansia adalah DKI Jakarta dan Bali.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Senin, 17 Mei 2021 13:34 WIB
 Menkes minta kepala daerah utamakan vaksinasi lansia

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta kepala daerah menggenjot vaksinasi Covid-19. Terutama untuk para lanjut usia (lansia). 

Sebab, lansia merupakan kelompok prioritas paling rentan masuk rumah sakit (RS) dan wafat akibat terpapar Covid-19. "Tolong vaksinasi kita utamakan para lansia. Kita lihat tadi, provinsi-provinsi yang fatality rate-nya (tingkat kasus kematian) naik, salah satunya Yogyakarta. Mengapa Yogja? Karena Yogya banyak lansia, dan banyak lansianya yang belum divaksin," ucapnya dalam konferensi pers virtual, Senin (17/5).

Dia mengungkapkan, provinsi terbanyak melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap lansia adalah DKI Jakarta dan Bali. "Itu mudah-mudahan bisa mengurangi jumlah orang yang masuk rumah sakit dan wafat, karena yang banyak masuk rumah sakit dan wafat adalah orang tua kita, harus kita lindungi," tutur Budi.

Sebelumnya, Menkes menyebut, program vaksinasi Covid-19 telah tembus 20 juta suntikan hingga (30/4). Sejak Januari hingga 26 Maret, program vaksinasi Covid-19 baru bisa mencapai 10 juta suntikan.

Sponsored

"Sekarang hanya satu bulan dengan segala keterbatasan kami tetap bisa menembus 10 juta suntikan atau sekitar 12,5 juta rakyat Indonesia sudah diberikan vaksinasi yang pertama," ucapnya dalam konferensi pers virtual, Senin (3/5).

Dia berharap, ke depan program vaksinasi Covid-19 dapat semakin dipercepat. Sebab, Indonesia akan kedatangan total 5,6 juta vaksin Covid-19 AstraZeneca pada Mei 2021 ini. 

Berita Lainnya