sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menlu Retno menyiapkan evakuasi untuk WNI di Hubei

Kemenlu terus mendetailkan data WNI yang terjebak di Kota Wuhan dengan otoritas China

Annisa Saumi
Annisa Saumi Kamis, 30 Jan 2020 13:46 WIB
Menlu Retno menyiapkan evakuasi untuk WNI di Hubei
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 516.753
Dirawat 66.752
Meninggal 16.352
Sembuh 433.649

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan tengah menyiapkan langkah evakuasi bagi Warga Negara Indonesia yang berada di Provinsi Hubei. Seperti diketahui, terdapat 243 WNI yang berada di kota-kota tersebut, 100 di antaranya berada di Wuhan, kota yang menjadi pusat penyebaran coronavirus.

"Sejak awal kami sudah buka opsi evakuasi. Tentunya kita ingat bahwa Wuhan diisolasi," kata Retno di acara Indonesia Data and Economic Conference di Jakarta, Kamis (30/1).

Kemenlu terus mendetailkan data WNI yang terjebak di Kota Wuhan dengan otoritas China dan terus berkoordinasi dengan negara lain untuk proses evakuasi.

"Otoritas China bersedia membantu dan memfasilitasi evakuasi," ujar Retno.

Retno melanjutkan, Kemenlu terus memantau kondisi WNI yang terjebak di Wuhan. Kemenlu juga terus memantau persediaan logistik WNI yang terjebak di Wuhan.

Ketika WNI dari Wuhan berhasil dievakuasi dan sampai di Indonesia, pemerintah telah memiliki protokol dan prosedur yang harus dipenuhi dan menjadi ranah Kementerian Kesehatan.

Dari informasi yang didapatkan Kemenlu, coronavirus memiliki masa inkubasi selama 14 hari dan WNI yang datang akan masuk ke karantina selama masa tersebut.

"Jadi katakanlah evakuasi dilakukan. Setelah itu penanganan secara penuh ada di Pak Menteri Kesehatan dan kementerian lain," katanya.

Sponsored
Berita Lainnya