sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemkab Kukar gagas pembelajaran daring melalui YouTube

Pembelajaran daring tersebut berbeda karena dikemas melalui media internal Diskominfo Kukar.

Tri Kurniawan
Tri Kurniawan Jumat, 31 Jul 2020 16:12 WIB
Pemkab Kukar gagas pembelajaran daring melalui YouTube
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 130718
Dirawat 39017
Meninggal 5903
Sembuh 85798

Pemerintah Kabupaten Kutai Kertanegara (Pemkab Kukar) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), menggagas pembelajaran dalam jaringan (daring) guna memenuhi kebutuhan belajar siswa di masa pandemi Covid-19.

Pembelajaran daring tersebut berbeda karena dikemas melalui media internal Diskominfo Kukar, yakni, saluran YouTube Kota Raja Channel. Saluran tersebut menyediakan materi pelajaran dari jenjang PAUD hingga sekolah menengah atas yang dibawakan oleh guru-guru di Kabupaten Kukar.

Program ini merupakan hasil kerja sama antara Diskominfo dengan Guru Penggerak Kukar dan Kelompok Informasi Masyarakat Wadah Etam Bebaya (KIM WEB). Program ini juga akan terus dikembangkan dengan melibatkan dan memberi kesempatan kepada siswa untuk tampil di ruang siaran sebagai proses pembelajaran.

Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo, Ahmad Arianto, mengatakan, selain mampu memenuhi kebutuhan belajar siswa, pembelajaran daring juga dapat memutus mata rantai dan menghentikan penyebaran Covid-19.

Sponsored

"Pemerintah mengarahkan agar masyarakat tetap berada di rumah masing masing. Karena, pendidik harus tetap melaksanakan tugasnya walaupun dengan keadaan yang tidak memungkinkan seperti sekarang," ucapnya.

Pembelajaran daring melalui siaran youtube Kota Raja Channel, diklaim Ahmad Arianto memiliki jangkauan yang luas. Bagi siswa yang tidak sempat mengikuti secara langsung pembelajaran daring karena masalah koneksi internet, dapat mengunduh materi melalui tautan yang disediakan, sehingga tetap dapat mengikuti materi pelajaran. 

Sementara, Guru Penggerak Kukar, Suparno Gofar, menilai metode pembelajaran daring yang difasilitasi Diskominfo Kukar menjadi solusi bagi pembelajaran daring siswa SMA sederajat. Mengingat, pembelajaran daring semacam ini belum diterapkan di tingkat SMA di Kukar oleh Pemerintah Provinsi Kaltim.

Berita Lainnya