sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pengguna jalan menuju Bandung lewat GT Cileunyi melonjak 43,17%

Pengguna jalan yang menuju ke Bandung melalui GT Cileunyi tercatat 237.713 kendaraan.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Senin, 09 Mei 2022 16:29 WIB
Pengguna jalan menuju Bandung lewat GT Cileunyi melonjak  43,17%

Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional mencatat adanya peningkatan volume transaksi yang dilakukan oleh pengendara melalui gerbang tol (GT) Cileunyi ruas tol Padaleunyi dan GT Cikunir 6 ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) E. Data itu merujuk waktu sampai dengan akhir periode arus balik.

Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Irra Susiyanti mengatakan, pengguna jalan yang menuju ke Bandung melalui GT Cileunyi tercatat 237.713 kendaraan. Artinya meningkat 43,17% apabila dibandingkan dalam periode normal baru atau new normal.

“Pengguna jalan meningkat dibandingkan lalu lintas new normal sebanyak 166.026 kendaraan,” kata Irra dalam keterangan, Senin (9/5).

Irra menyampaikan, ada pula peningkatan volume lalu lintas transaksi ke arah Jatiasih ruas tol JORR. Lalu lintas itu dari ruas tol Mohamed Bin Zayed (MBZ) (arah Timur) melalui GT Cikunir 6.

Dalam catatannya, ada 112.424 kendaraan yang melintas di sana. Jumlah tersebut lebih ramai daripada biasanya yang hanya mencapai angka puluhan ribu.

“Meningkat 81,29% dibanding lalu lintas new normal sebanyak 62.012 kendaraan,” ujar Irra.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan dengan memastikan kondisi kendaraan siap jalan. Tidak cukup sampai situ, setiap kondisi pengemudi juga diingatkan dalam keadaan prima.

Para pengemudi diminta untuk memperhatikan kecukupan bahan bakar minyak (BBM) dan saldo e-toll untuk kenyamanan perjalanan. Serta, memperhatikan jadwal-jadwal rekayasa lalu lintas dan mengikuti arahan petugas di lapangan. 

Sponsored

Jasa Marga juga mengingatkan pengguna jalan agar hanya menggunakan satu e-toll yang sama untuk pembayaran di jalan tol dengan sistem transaksi tertutup. Tol itu seperti ruas tol Cipularang dan Padaleunyi serta jalan tol JORR II.

"Satu e-toll untuk bertransaksi ketika tapping di gerbang tol masuk dan menggunakan e-toll yang sama juga untuk tapping di gerbang tol keluar," ujarnya. 

 

Berita Lainnya
×
tekid