logo alinea.id logo alinea.id

PKS harap wagub DKI segera ditetapkan

Keberadaan wakil gubernur dinilai akan meringankan beban kerja Gubernur Anies Baswedan.

Robi Ardianto
Robi Ardianto Senin, 11 Feb 2019 22:53 WIB
PKS harap wagub DKI segera ditetapkan

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera, berharap wakil gubernur DKI Jakarta segera ditetapkan. Menurutnya, hal ini akan meringankan beban kerja Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Jakarta bukan cuma beban penduduknya yang besar, tetapi karena ini juga merupakan pusat ibu kota jadi bebannya bertumpuk," kata Mardani di Jakarta Selatan, Senin (11/2).

Menurutnya, pemerintah DKI juga menanggung beban pemerintah pusat, karena lokasinya berada di DKI Jakarta. Maka itu, seharusnya Anies Baswedan dapat segera memiliki pendamping agar dapat melakukan pembagian tugas.

"Kami berharap secepatnya lebih baik, karena kasian Mas Anies sendirian," katanya.

Mardani enggan menyebut siapa nama calon wakil gubernur (cawagub) yang akan mendampingi Anies. Kata dia, Dewan Pimpinan Pusat Partai yang akan mengumumkan nama kandidat pengganti Sandiaga Uno, yang maju sebagai calon wakil presiden di Pilpres 2019.

Namun demikian, Ketua DPW PKS Syakir Purnomo, sebelumnya telah mengumumkan dua nama yang akan diajukan menjadi cawagub DKI Jakarta. Keduanya adalah kader PKS, yaitu Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. 

Menurut Syakir, kedua nama tersebut merupakan hasil rekomendasi tim panelis fit and profer test cawagub DKI. Keduanya dipilih dari tiga nama yang diusulkan.

Gubernur Anies Baswedan, menyambut baik terpilihnya dua nama tersebut. Dia mengaku siap menerima nama cawagub hasil proses fit and profer test yang dilakukan. 

Sponsored

"Kami menyambut baik bahwa prosesnya sudah berjalan dan kalau dari informasi yang beredar sudah mendekati final dan saya siap untuk menyambut begitu ada nama diserahkan kepada Gubernur," kata Anies di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Senin (11/2). (Ant)