sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Polisi gandeng TNI amankan laga Persija vs Persib

Laga antara Persija vs Persib menjadi atensi tersendiri dari Mabes Polri.

Tito Dirhantoro
Tito Dirhantoro Senin, 08 Jul 2019 09:55 WIB
Polisi gandeng TNI amankan laga Persija vs Persib

Pihak kepolisian akan menggandeng Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk mengamankan jalannya laga antara Persija Jakarta melawan Persib Bandung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Rabu (10/7). 

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Argo Yuwono mengatakan pengamanan oleh polisi bersama TNI sedang direncanakan oleh Biro Operasi. Selain merumuskan skema pengamanan, nanti juga akan diputuskan jumlah personel gabungan yang akan dilibatkan.

“Tentunya polisi dan TNI siap untuk mengamankan pertandingan itu,” kata Kombes Pol. Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (8/7).

Argo menjelaskan, pihak Mabes Polri juga melakukan koordinasi dengan Polda Jawa Barat. Ini dilakukan untuk mengetahui jumlah anggota Viking, suporter Persib, yang datang dari Jawa Barat ke Jakarta untuk menyaksikan sekaligus mendukung tim favoritnya saat berlaga.

“Semuanya nanti diketahui dari keterangan intelijen kita di lapangan. Apakah perlu juga personel lakukan penjagaan di sana, juga tergantung informasi intelijen,” ujar Argo.

Menurutnya, laga antara Persija vs Persib menjadi atensi dari Mabes Polri agar pengamanan bisa dilakukan secara maksimal dan lancar. Tujuannya, untuk mencegah terjadinya kericuhan dan bentrokan di luar lapangan antarsuporter.

Karena itu, Argo mengimbau, kepada kedua suporter untuk sama-sama bisa menahan diri. Juga menerima hasil apa pun pertandingan berdasarkan keputusan wasit secara lapang dada. 

“Kami imbau juga nantinya kedua suporter agar mendukung timnya dengan baik dan tidak anarkis,” ujar Argo.

Sponsored

Argo menjelaskan, Polda Metro Jaya masih menunggu rekomendasi Mabes Polri. Juga sedang mengkaji permohonan rekomendasi izin soal pertandingan Liga 1 antara Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Argo mengatakan, izin pertandingan ini perlu dipertimbangkan terlebih dahulu karena kegiatan tersebut masuk dalam kategori skala nasional. "Sebab, ada arahan dari Mabes Polri, jadi (skala) nasional," ujar Argo. (Ant)