sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

PSBB jilid III, Dishub DKI tambah personel di lapangan

12 titik lokasi keluar masuk Jakarta akan diawasi Dishub DKI.

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Rabu, 20 Mei 2020 17:36 WIB
PSBB jilid III, Dishub DKI tambah personel di lapangan

Pemprov DKI melarang mudik lokal dan akan memperketat pengawasan saat Idulfitri 1441 Hijriah. Memasuki pembatasan sosial berskala besar (PSBB) jilid III, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI menambah jumlah personel.

Petugas Dishub DKI, akan melakukan pengawasan di 12 titik lokasi pemantauan pelanggaran arus keluar masuk ibu kota. "Iya, untuk PSBB tetap sama kami kerahkan 1.500 orang setiap shift. Ini untuk tataran pelaksanaan pengawasan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Nomor 47 Tahun 2020," kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta, Rabu (20/5). 

Syafrin mengungkapkan, sebanyak 10 titik penjagaan ada di jalan arteri perbatasan wilayah DKI Jakarta. Di antaranya Jalan Kali Malang, Jalan Raya Bogor, Jalan Raya Bekasi, Lenteng Agung, Pasar Jumat, dan Pos Polisi Kamal Kali Deres. 

"Dua titik berada di pintu tol yang arah keluar Jakarta, satu di tol Cikarang (Jakarta-Cikampek) di kilometer 47, kemudian ada satu di tol Tangerang, Banten di Cikupa," ujarnya.  

Syafrin menilai, operasional kendaraan umum selama PSBB jilid II relatif mengikuti aturan yang berlaku. Bahkan, saat ini angkutan umum hanya diisi dengan kapasitas maskimal 50% dari total kursi penumpang yang tersedia. 

"Dari aspek pelaksanaan pemenuhan persyaratan, angkutan umum di mana maksimum kapasitas orang 50%, dari jumlah kapasitas tersedia itu semua memadai," ujar dia. 

Dia mengaku, awal penerapan PSBB jilid II masih terdapat transportasi umum melanggar aturan yang telah ditetapkan. Namun, lanjut Syafrin, setelah dilakukan penegakan hukum dan pemberlakuan sanksi pelanggaran yang dilakukan relatif menurun.

"Setelah ada penegakkan hukum, pelanggaran turun drastis. Sebelumnya, biasa kami mendapati pelanggaran cukup tinggi, sekitar 900-an orang di keseluruhan titik setiap harinya," tambah dia.

Sponsored
Berita Lainnya
×
tekid