sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Selangkah lagi Ahmad Riza Patria resmi jadi Wagub DKI

Kemendagri: Kami belum menerima dokumen hasil Pilwagub DKI dan surat proses pelantikan dari DPRD DKI.

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Selasa, 07 Apr 2020 16:43 WIB
Selangkah lagi Ahmad Riza Patria resmi jadi Wagub DKI
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 64958
Dirawat 31798
Meninggal 3241
Sembuh 29919

Satu langkah lagi Ahmad Riza Patria menjadi Wakil Gubernur (Wagub) DKI defenitif. Politikus Partai Gerindra itu, akan resmi menjadi pendamping Anies Baswedan, setelah dilantik Presiden Jokowi.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bahtiar Baharuddin mengungkapkan, pihak Istana Negara tengah mempertimbangkan protokol pelantikan orang nomor dua di ibu kota tersebut.

Di tengah, penyebaran wabah coronavirus di Indonesia, kata dia,  pelantikan Wagub DKI, harus ada prosedur yang digunakan agar penyakit itu tak menular.  

"Saya kira, bukan wilayah kewenangan saya. Sebab, itu protokol istana yang pasti sudah dipertimbangkan. Hal-hal teknis pelantikan, masih dipertimbangkan karena Covid-19," kata Bahtiar saat dikonfirmasi, Selasa (7/4). 

Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota, baik Kepala Daerah maupun Wakil Kepala Daerah yang terpilih untuk mengisi posisi yang ditinggalkan pemimpin sebelumnya akan tetap dilantik Presiden.

Bahtiar mengaku, belum menerima dokumen hasil Pemilihan Wagub (Pilwagub) DKI dan surat proses pelantikan dari DPRD DKI Jakarta. Jika, Kemendari sudah menerima, lanjut dia, surat pelantikan diteruskan ke Presiden Jokowi. 

"Kami hanya melanjutkan dan memeriksa berkasnya segala macam. Setelah itu, langsung dilanjutkan, ada ke presiden. Kalau gubernur dan Wagub oleh presiden. Kalau wali kota ke gubernur tidak ke pemerintah pusat," ujarnya. 

Bahtiar menyatakan, Kemendagri akan memberikan waktu selama tujuh hari untuk mengevaluasi berita acara Pilwagub DKI, bila ada yang salah. "Evaluasinya kami kasih satu minggu. Nanti progresnya kami sampaikan," tuturnya.

Sponsored

Kemendagri kata dia, mengucapkan selamat kepada Ahmad Riza Patria yang terpilih sebagai Wagub mendampingi Gubernur DKI, Anies Baswedan. Soal mekanisme pemilihan dan prosedur merupakan tanggung jawab penuh DPRD DKI, bukan Kemendagri.

"Kami ucapkan selamat saja. Artinya, bagus juga untuk masyarakat apalagi situasi pandemi masalah seperti ini ada yang bantu dalam pekerjaan,' tutup dia. 

Seperti diketahui, DPRD DKI Jakarta telah menetapkan politikus Gerindra Ahmad Riza Patria sebagai Wagub DKI. Penetapan ini setelah Riza memenangkan pemungutan suara Pilwagub DKI yang digelar di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (6/4).

"Berdasarkan hasil penghitungan suara, ditetapkan saudara Riza Patria menjadi wakil gubernur terpilih sisa jabatan 2017-2022," kata Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi saat memimpin sidang setelah pemungutan suara Wagub.

Serba bisa BIN di panggung corona 

Serba bisa BIN di panggung corona 

Selasa, 07 Jul 2020 06:01 WIB
Berharap vaksin dengan anggaran mini

Berharap vaksin dengan anggaran mini

Senin, 06 Jul 2020 19:00 WIB
Berita Lainnya