logo alinea.id logo alinea.id

Zulhas: Persiapan sidang tahunan MPR sudah 90%

"Persaingan sudah usai. Mari sekarang kita bersama-sama mendukung pilihan rakyat," ujar Zulkifli Hasan.

Cantika Adinda Putri Noveria
Cantika Adinda Putri Noveria Kamis, 15 Agst 2019 20:04 WIB
Zulhas: Persiapan sidang tahunan MPR sudah 90%

Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan, persiapan sidang tahunan besok (16/8) sudah 90%. Dalam sidang tahunan MPR kali ini, kata Zulkifli, pesannya adalah merajut persatuan.

Menurut Zulkifli, Indonesia sudah “panas” dalam pertarungan pemilu serentak. Terjadi polarisasi dua kubu dalam persaingan politik itu. Maka, pesan yang akan disampaikan dalam sidang tahunan besok bukan soal siapa yang menang dan kalah.

"Persaingan sudah usai. Mari sekarang kita bersama-sama mendukung pilihan rakyat, agar Indonesia lebih baik, bagus, dan sejahtera," ujar Zulkifli saat ditemui di kompleks Senayan, Jakarta, Kamis (15/8).

Sementara itu, Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan, pada sidang tahunan MPR besok, mantan-mantan pejabat negara akan diundang. Termasuk mantan presiden dan mantan wakil presiden.

"Kita berharap seluruh mantan presiden maupun wakil presiden itu bisa hadir dalam acara besok," ujarnya.

Ditemui terpisah, Sekjen DPR Indra Iskandar menuturkan, ada sekitar 10.000 tamu undangan, termasuk duta besar negara sahabat dan jajaran kabinet. Ia mengatakan, seluruh instansi terkait sudah siap mengamankan sidang tahunan MPR.

“Jadi, memang kita perlu cermat dalam pengamanan sidang tahunan MPR, sidang bersama DPR, DPD, dan pidato presiden ini,” ujar Indra.

Sponsored

Setiap 16 Agustus, Indonesia menggelar sidang tahunan MPR. Setelah pembukaan sidang tahunan, akan dilakukan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo. Kemudian, Presiden Jokowi akan membaca pidato kenegaraan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia pada sidang bersama DPR dan DPD. Lalu, Presiden Jokowi akan berpidato untuk menyampaikan RUU APBN Tahun Anggaran 2020 serta nota keuangan dan dokumen pendukungnya.