logo alinea.id logo alinea.id

Susul Prabowo, giliran kubu Jokowi-Amin klaim menang

Setelah Prabowo-Sandi mendeklarasikan klaim, kini kubu Jokowi-Ma'ruf Amin mengumumkan kemenangan versi quick count.

Sukirno
Sukirno Sabtu, 20 Apr 2019 02:37 WIB
Susul Prabowo, giliran kubu Jokowi-Amin klaim menang

Setelah Prabowo-Sandi mendeklarasikan klaim, kini kubu Jokowi-Ma'ruf Amin mengumumkan kemenangan versi quick count.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menyampaikan enam butir pernyataan resmi menyikapi situasi terkini dan hasil hitung cepat pemilu presiden 2019 yang sejumlah lembaga survei kredibel.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua TKN, Moeldoko, di Media Center Cemara, Menteng, Jakarta, Jumat (19/4) malam.

"Pada malam hari ini saya mewakili TKN akan menyampaikan beberapa hal yang merupakan sikap resmi TKN," kata Moeldoko.

Pada kesempatan tersebut, hadir Ketua TKN Erick Thohir, Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto (Sekjen PDIP), Sekjen Partai Golkar Ledewijk F Paulus, Sekjen PPP Arsul Sani, Sekjen PKB Hanif Dhakiri, Sekjen Perindo Ahmad Rofik, dan Sekjen PBB. Hadir juga para direktur TKN yakni Ade Irfan Pulungan (PPP), Rizal Malarangeng (Golkar), Beny Ramdani (Hanura), dan Usman Kansong (Nasdem).

Keenam butir pernyataan yang disampaikan Moeldoko adalah:

Pertama, TKN mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepada pasangan capres-cawapres 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, sehingga menjadi pemenang pemilu presiden 2019.

Kedua, TKN mengucapkan terima kasih kepada para penyelenggara hitung cepat atau quick count, sehingga hasil presiden dapat diketahui lebih cepat dari pada waktunya.

Sponsored

Ketiga, TKN menghormati dan mengikuti proses penghitungan suara yang dilakukan KPU, dan TKN juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersabar menunggu hasil penghitungan resmi dari KPU.

Keempat, TKN memberikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat, karena telah berpartisipasi memberikan hak suara pada pemilu presiden 2019 sampai 81%. "ini luar biasa," katanya.

Kelima, TKN mengucapkan terima kasih kepada KPU dan Bawaslu dari tingkat pusat hingga daerah, yang sudah menyelenggarakan dan mengaawasi pemilu 2019 dengan baik. "Meskipun ada beberapa hambatan, tapi dapat diatasi dengan baik," katanya.

Keenam, TKN memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada aparat keamanan yakni TNI dan Polri, yang sudah bekerja dengan baik, sehingga penyelenggaraan pemilu 2019 berjalan dengan lancar dan kondusif.

"Terima kasih, ini enam pernyataan resmi dari TKN, yang dapat kami pertanggungjawabkan," katanya. (Ant).

Berikut hasil quick count lengkap dengan total sampel data suara masuk pada rentang 99%-100% dari 10 lembaga survei: