sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Gerindra sepakat para ulama jadi jurkam Cak Imin

Rekomendasi lainnya adalah mendorong Cak Imin maju di Pilpres 2024, baik sebagai calon presiden ataupun calon wakil presiden.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Senin, 16 Jan 2023 16:40 WIB
Gerindra sepakat para ulama jadi jurkam Cak Imin

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad tak mempersoalkan para ulama menjadi juru kampanye (jurkam) bagi Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Pemilu 2024. Menurut Dasco, pelibatan ulama justru sebuah strategi yang baik.

"Saya pikir apa yang disampaikan oleh para ulama itu kan mungin merupkan strategi dari ulama-ulama yang biasanya memang pada bulan puasa atau Ramadhan itu kan berkeliling untuk tarawih dan memberikan ceramah-ceramah keagamaan," kata Dasco di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/1).

Mengerahkan para ulama sebagai jurkam Cak Imin merupakan salah satu rekomendasi dari Forum Ijtima Ulama Nusantara yang digelar DPP PKB. Nantinya, para ulama, baik kiai dan bu nyai menjadi jurkam Cak Imin.

Rekomendasi lainnya adalah mendorong Cak Imin maju di Pilpres 2024, baik sebagai calon presiden ataupun calon wakil presiden (capres-cawapres).

Kendati strategi itu dianggap baik, Dasco mengatakan, keputusan siapa yang akan menjadi capres dan cawapres tetap di tangan Prabowo Subianto dan Cak Imin. Hal itu menurutnya sesuai kesepakatan antara Gerindra dan PKB yang membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR).

"Nah, mungkin momen ini bisa dimanfaatkan menurut ulama-ulama tersebut. Dan ini tentu stategi yang baik menurut kami," imbuhnya.

Ketika disinggung apakah pelibatan ulama justru membuka peluang politisasi, Cak Imin menilai jika pemuka agama dari PKB akan bertindak bijak.

"Saya pikir kan itu tentu ulama-ulama kan cukup bijak, tidak akan disampaikan pada saat salat tarawih. Dan biasanya kan, yang dimaksud itu kan biasanya pada saat bulan Ramadhan itu kan akan ada ceramah-cermah yang diminta oleh masyarakat yang menbuat acara pengajian di komunitas, kalau itu kan enggak ada masalah," tegasnya.

Sponsored

Namun, apabila kampanye dilakukan di masjid, Dasco berharap agar hal itu perlu dikaji kembali. Tapi kalau kemudian dilakukan di masjid, saya pikir mesti dikaji kembali," tandasnya.

Berita Lainnya
×
tekid