sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jokowi minta pengusutan penembakan di rumah Ferdy Sambo secara transparan

Menurut Jokowi, transparansi pengusutan kasus penembakan polisi mempengaruhi kepercayaan publik.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Kamis, 21 Jul 2022 18:53 WIB
Jokowi minta pengusutan penembakan di rumah Ferdy Sambo secara transparan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali angkat bicara mengenai peristiwa baku tembak yang terjadi di rumah mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo dan menewaskan Brigadir J. Jokowi memerintahkan, peristiwa itu harus diusut dengan transparan.

"Saya kan sudah sampaikan, usut tuntas, buka apa adanya, jangan ada yang ditutup-tutupi, transparan,” tutur Jokowi seperti dalam keterangan resminya, Kamis (21/7).

Dia menegaskan, pengusutan secara tuntas dan transparan tersebut penting untuk dilakukan demi tidak adanya keraguan dari masyarakat terhadap Polri. Menurutnya, Polri juga harus bisa menjaga kepercayaan publik pada institusinya.

“Itu penting untuk agar masyarakat tidak ada keraguan-keraguan terhadap peristiwa yang ada. Ini yang harus dijaga, kepercayaan publik terhadap Polri harus dijaga,” ucapnya.

Sebelumnya, Jokowi sempat menyatakan, proses hukum atas kejadian tersebut harus dilakukan. Hal itu diungkapkan Jokowi usai menerima laporan tertulis mengenai kasus yang mendapat perhatian publik tersebut.

“Tuntaskan! Jangan ditutupi, terbuka. Jangan sampai ada keraguan dari masyarakat,” kata Jokowi saat bertemu dengan pimpinan redaksi media nasional di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/7).

Terkait pengungkapan kasus tersebut, Polri menyatakan telah menyita CCTV yang berada di sekitar lokasi kejadian. Padahal, pada awal pernyataan pihak kepolisian, kamera CCTV dinyatakan tidak ditemukan.

Selain itu, proses penyidikan telah diproses atas dasar laporan Ferdy Sambo di Polda Metro Jaya. Di sisi lain, proses penyelidikan tengah berlangsung di Bareskrim Polri atas dasar laporan keluarga Brigadir J.

Sponsored
Berita Lainnya
×
tekid