sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Koalisi Gerindra-PKB buka kesempatan parpol lain bergabung

Koalisi Gerindra-PKB rencananya dideklarasikan pada 13 Agustus 2022, bersamaan dengan agenda Rapimnas Partai Gerindra.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Kamis, 28 Jul 2022 16:09 WIB
Koalisi Gerindra-PKB buka kesempatan parpol lain bergabung

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut, koalisi Gerindra-PKB membuka ruang bagi partai lain untuk ikut bergabung. Dasco mengatakan, koalisi yang dibangun Gerindra-PKB adalah koalisi terbuka.

"Kami kan berharap bahwa koalisi akan bertambah. Kami juga membuka kok dengan teman-teman dari partai lain untuk ikut masuk," ujar Dasco kepada wartawan, Kamis (28/7).

Dasco menegaskan, koalisi Gerindra-PKB rencananya dideklarasikan pada 13 Agustus 2022, bersamaan dengan agenda Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra. Pada saat rapimnas, Gerindra juga akan mendeklarasikan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024.

"Jadi, rapimnas pencapresan dan pengumuman koalisi dilakukan pada 13 Agustus 2022, hitung-hitungan hari baiknya begitu," jelas Dasco.

Diketahui, Rapimnas Partai Gerindra diundur ke 13 Agustus 2022. Semula, rapimnas partai besutan Prabowo Subianto itu direncanakan digelar pada 30 Juli 2022.

Salah satu agenda rapimnas yakni pengumuman soal kesediaan Prabowo maju sebagai capres 2024. Rapimnas Gerindra nantinya akan dibarengi dengan deklarasi koalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Selain deklarasi koalisi dengan PK, Rapimnas Gerindra juga akan dibarengi dengan deklarasi koalisi serta pengumuman capres dan cawapres.

Sebelumnya, sejumlah elite PKB dan Gerindra telah menggelar pertemuan untuk membahas butir-butir Piagam Deklarasi Koalisi yang akan segera diresmikan. Dari informasi yang dihimpun, pertemuan tersebut digelar di salah satu tempat di kawasan Jakarta Selatan.

Sponsored

Dari pihak Gerindra hadir Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani, Ketua Harian DPP Gerindra Sufi Dasco Ahmad, Wakil Ketua Umum Sugiono dan Ketua DPP Gerindra Prasetyo. Sedangkan dari PKB hadir Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal, Ketua DPP PKB Fathan Subchi, Bendahara DPP PKB Bambang Susanto dan Wakil Sekjen DPP PKB Syaiful Huda. 

Berita Lainnya
×
tekid