sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

PPP dan Gerindra merespons tak mengubah nomor urut parpol di Pemilu 2024

PPP berharap dalam penentuan nomor urut parpol tetap berjalan sesuai dengan sistem yang sebelumnya, yaitu dengan dilakukan pengundian.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Kamis, 17 Nov 2022 10:14 WIB
PPP dan Gerindra merespons tak mengubah nomor urut parpol di Pemilu 2024

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani merespons positif keputusan pemerintah, DPR, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang sepakat tidak akan mengundi nomor urut parpol di Pemilu 2024, alias menggunakan nomor urut pemilu sebelumnya. Menurut Arsul, setiap parpol memiliki hak yang sama di pemilu, termasuk dalam mendapatkan nomor urut.

"Kalau ketika kita bicara untuk penyelenggaraan pemilu itu, kan, tidak ada cerita kemudian voting karena kursinya banyak. Katakanlah dia menjadi suaranya banyak. Ini kan semua harus kita musyawarahkan," ujar Arsul di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/11).

Arsul menjelaskan, PPP berharap dalam penentuan nomor urut parpol tetap berjalan sesuai dengan sistem yang sebelumnya, yaitu dengan dilakukan pengundian.

"Jadi kalau ditanya PPP lebih seperti apa, bagi kami saya kira sistem yang sudah berjalan selama ini. Di mana setiap pemilu kemudian kita undi itu masih yang terbaik, kira-kira seperti itu," ucapnya.

Dia berharap keputusan terkait nomor urut parpol harus disepakati bersama, bukan hanya oleh partai koalisi pemerintahan saja. Sebab, usulan ini pertama kali disampaikan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Yang kedua, tentu ini, kan, harus dimusyawarahkan dan disepakati oleh semua partai. Tidak hanya yang ada di koalisi, tidak hanya yang nanti, katakanlah sudah ikut pemilu, termasuk partai baru kalau dia lolos verifikasi faktualnya setelah lolos verifikasi harus kita dengar," jelas Arsul.

Senada, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pihaknya segera mensosialiasikan keputusan tersebut ke masyarakat.

"Saya pikir untuk nomor urut parpol sudah ada kesepakatan di DPR tentang hal itu. Dan kami dari Gerindra tentunya memiliki kesepakatan dan tentunya kalau itu sudah diputuskan, kita bisa langsung lakukan soaialisasi dalam  menghadapi pemilu legislatif di 2024," tandas Dasco.
 

Sponsored
Berita Lainnya
×
tekid