sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Erick Thohir ajak pemuda jadi pengusaha

Pengusaha yang juga Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir, mengajak anak muda untuk menjadi pebisnis.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Kamis, 14 Feb 2019 04:32 WIB
Erick Thohir ajak pemuda jadi pengusaha

Pengusaha yang juga Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir, mengajak anak muda untuk menjadi pebisnis.

Pemilik Mahaka Media Group ini mengatakan pasar industri produk halal Indonesia paling besar di dunia. Namun, ia menyayangkan Indonesia masih jauh di bawah Malaysia dalam produksi industri halal. 

Menurutnya dalam sektor ekonomi halal, banyak produk yang dapat dimanfaatkan untuk dijadikan usaha.

“Kenapa tidak bisa jadi terbesar di industri halal, kenapa enggak kita pindah jadi produsen. Mari kita balik pola pikirnya,” kata dia dalam acara ‘Rabu Hijrah’ di Half Patiunus, Jakarta Selatan, Rabu (13/2).

Oleh karena itu, Erick mendorong generasi muda Indonesia dapat memulai usaha di negeri ini. Sebab, Indonesia sangat potensial untuk mendirikan usaha.

“Kita bisa lihat jumlah penduduk kita nomor 4 di dunia, artinya sebagai pasar untuk usaha sangat besar. Sebanyak 58% usianya di bawah 35 tahun. Jadi potensi Sumber Daya Manusia (SDM) ada di Indonesia,” ujarnya.

Dalam hal kemudahan berusaha, Lanjut Erick, saat ini birokrasi jauh lebih mudah. Sebab, birokarsi sudah bisa dileburkan. Ia membandingkan, pada 2016 pengusaha harus mengurus 94 prosedur yang memakan waktu 4 tahun lamanya, sedangkan di tahun 2017 hanya mengurus 49 prosedur perizinan dan hanya memakan waktu 4 bulan.

Pendiri Mahaka Group itu menginginkan, agar generasi muda Indonesia dapat optimistis dalam menghadapi persaingan ekonomi global. Sebab, jika pemuda menanamkan rasa pesimistis, bangsa ini akan jauh tertinggal dari bangsa lain.

Sponsored

“Saya berharap, generasi muda Indonesia, terus berhijrah untuk membuka peluang usaha di Indonesia, karena pangsa pasar di Indonesia sangat potensial,” ujar Erick.

Sementara itu, Rektor Universitas Al Azhar Asep Saifuddin berharap generasi muda Indonesia dapat mengubah pola pikir untuk mau menjadi pengusaha. Menurutnya, pemerintah dapat mengeluarkan kebijakan untuk mencapai itu.

“Misalnya dengan start-up capital, mengadakan training-training berusaha. Jadi anak muda dapat disiapkan untuk menjadi pengusaha,” ujar Asep pada kesempatan yang sama.

Berita Lainnya

ICW: Tuntutan 11 Tahun Juliari Sangat Rendah

Kamis, 29 Jul 2021 18:48 WIB

2 varian Xiaomi Mi MIX 4 muncul di TENAA

Kamis, 29 Jul 2021 15:17 WIB

Pemkot Kediri upayakan tambah ambulans

Sabtu, 10 Jul 2021 18:32 WIB