sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jokowi tawarkan investor untuk investasi di IKN Nusantara

Dibangunnya IKN Nusantara, disampaikan oleh Jokowi adalah upaya Indonesia menjadi negara maju dengan pemerataan pembangunan.

Erlinda Puspita Wardani
Erlinda Puspita Wardani Kamis, 20 Okt 2022 06:11 WIB
Jokowi tawarkan investor untuk investasi di IKN Nusantara

Keputusan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara telah diatur melalui Undang-Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara. Berdasarkan hal ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia agar tak perlu ragu dengan kehadiran IKN Nusantara.

Dibangunnya IKN Nusantara, disampaikan oleh Jokowi adalah upaya Indonesia menjadi negara maju dengan pemerataan pembangunan, membangun budaya kerja, pola pikir, dan basis ekonomi Indonesia yang baru.

Jokowi juga menegaskan IKN Nusantara merupakan ibu kota pintar di masa depan yang berbasis hutan dan alam dengan pembangunannya tidak merusak alam, justru beriringan dengan pengembalian hutan alam Kalimantan. Bahkan, ia menyebutkan luas lahan IKN Nusantara 70% didominasi oleh lahan area hijau.

“Ini tadinya hutan produksi monokultur untuk menanam pohon Eucalyptus. Namun nanti kita bangun, dan dikembalikan menjadi hutan alam yang bersifat heterogen dengan penanaman pohon asli dan dan endemik dari Kalimantan, jadi diharapkan menjadi hutan hujan tropis lagi,” kata Presiden dalam sambutannya di acara IKN: Sejarah Baru Peradaban Baru yang tayang di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (19/10).

Bermimpi untuk menjadi kota hijau, Jokowi juga mempromosikan Nusantara sebagai kota yang 80% sumber energinya terbarukan. Bahkan ia menjanjikan desain kota yang mengutamakan pejalan kaki dan pesepeda.

“Mobil di sana nanti harus mobil listrik. 80% transportasinya, transportasi umum dengan autonomous vehicle yaitu, kendaraan tanpa awak dan sopir. Jadi yang dihargai adalah pejalan kaki dan pesepeda. Serta ten minutes city yang artinya jarak tempuh kemana-mana ada dalam 10 menit,” ungkapnya.

IKN Nusantara menurut Jokowi sebagai bentuk transformasi Indonesia yang berupaya membangun budaya kerja produktif. Untuk mencapai negara dengan budaya kerja yang produktif, maka menurutnya diperlukan dukungan tata kelola dan manajemen yang baik, serta implementasi teknologi yang mumpuni.

“Nusantara nanti jadi smart city, smart living, layanan masyarakat seluruhnya lewat aplikasi dan paperless. Nusantara adalah masa depan Indonesia dan bisa terwujud jika kita semua bekerja sama, jadi bukan hanya pemerintah saja,” lanjutnya.

Sponsored

Terkait dengan pendanaan pembangunan Nusantara, pemerintah diketahui hanya menyiapkan dana sebesar 20%. Sedangkan 80% sisanya akan diisi oleh investor yang berminat investasi di IKN Nusantara dengan kota yang berbasis hijau.

“Kita buka kesempatan seluas-luasnya untuk investor. Ada pilihan untuk investasi di kawasan mana saja, bisa di kawasan inti, kawasan financial center, healthcare center, education center, maupun housing area. Ini adalah kesempatan emas yang tidak akan terulang lagi,” kata Jokowi.

Ia yakin dan optimis, dengan kerja sama dan gotong royong maka dapat dipastikan IKN Nusantara bisa menjadi batu loncatan bagi Indonesia untuk masa depan yang lebih baik dan maju.

“Dengan upaya kita bersama, semangat gotong royong bersama, saya yakin di 17 Agustus 2024, kita bisa merayakan bersama-sama HUT RI di Nusantara,” tutup Jokowi disambut gemuruh tepuk tangan tamu yang hadir. 

Jalan panjang negara mensejahterakan lansia

Jalan panjang negara mensejahterakan lansia

Senin, 06 Feb 2023 09:15 WIB
Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid